Kiper Favorit Peter Shilton untuk Inggris

Inggris masih belum punya satu pilihan pasti siapa yang akan menjadi kiper utama.

Sabtu, 27 Maret 2010, 03:08 WIB
Irvan Beka
Peter Shilton

VIVAnews - Tim nasional Inggris masih belum punya satu pilihan pasti siapa yang akan menjadi penjaga gawang utama di Piala Dunia 2010. Fabio Capello masih punya beberapa nama yang menjadi nominasi.

Di sektor vital ini ada David James. Kiper Portsmouth ini bisa disebut yang paling berpengalaman. Usianya sudah 39 tahun. Sejak tahun 1997, ia sudah 49 kali memperkuat negaranya.

Kemudian ada Paul Robinson, 30 tahun. Ia main untuk Blackburn Rovers dan punya 41 caps.

Peter Shilton, orang Inggris yang punya caps terbanyak (125), tak menilai Robinson dan James sebagai kiper yang ideal bagi Inggris Juni nanti.

"Masalahnya David James dan Paul Robinson suka membuat kesalahan mendasar. Hal ini menyulitkan mereka untuk terpilih sebagai yang utama," kata Peter Shilton yang kini berusia 60 tahun.

Shilton yang menjadi korban 'tangan Tuhan' Maradona di Piala Dunia 1986 sudah punya pilihan sendiri.

"Rasanya Robert Green yang lebih pantas. Dia solid jika tak mau disebut spektakuler. West Ham sedang dalam masa sulit dan tentunya membuat tugasnya sangat berat," kata Shilton.

Capello, menurut Shilton, akan menilai kemampuan Green secara obyektif. Jika Green menjadi favorit, James justru dinilai paling lemah karena faktor umur yang dikhawatirkan mudah kedatangan cedera.

Green sendiri sebenarnya sudah tidak muda. Usianya sudah 30 tahun. Ia baru membela Inggris sebanyak sembilan kali sejak 2005. (Goal)

© VIVAbola
Rating