Lima Tim Asia Tersukses di Piala Dunia

Timnas negara masa saja itu?

Selasa, 3 Juni 2014, 15:39 WIB
Muchamad Syuhada
Timnas Korea Selatan
VIVAbola - Piala Dunia sampai kini masih dikuasai oleh tim-tim asal benua Eropa dan Amerika Selatan. Brasil, Italia, Jerman, Argentina, dan Uruguay merupakan lima tim tersukses dalam perhelatan sepakbola terakbar sejagat raya itu.

Lalu, bagaimana dengan kiprah tim-tim dari benua lain? Berikut adalah lima tim Asia dengan penampilan paling cemerlang di Piala Dunia.

5. Korea Utara
Mereka telah tampil dalam dua kesempatan yakni pada 1966 dan 2010. Pencapaian terbaik adalah pada 1966, Korut sukses mencapai perempat final. Mereka mengalahkan Italia di fase sebelumnya.

Sayang, asa Korut melangkah ke semifinal dijegal oleh Portugal. Mereka tumbang 3-5, padahal dalam pertandingan tersebut sempat unggul 3-0.

Di 2010, Korut bisa dibilang hanya sekedar lewat. Mereka menjadi bulan-bulanan di babak penyisihan grup. Di kalahkan Brasil 1-2 pada laga pertama, lalu dihajar 0-7 oleh Portugal, dan dibungkam 0-3 oleh Pantai Gading.

4. Iran
Mereka pertama kali menjajal tampil di Piala Dunia pada 1978. Hanya saja, penampilan mereka kala itu tak meyakinkan. Iran cuma mampu meraih satu poin hasil imbang dengan Skotlandia di babak penyisihan grup.

1998, adalah kali kedua mereka tampil. Meski kembali gagal lolos ke fase knock out. Namun, setidaknya di kesempatan itu Iran berhasil meraih kemenangan perdana di Piala Dunia saat mengalahkan Amerika Serikat.

Pada 2010, Iran lolos untuk kali ketiga. Tetapi, hasil tak memuaskan kembali diraih. Mereka lagi-lagi hanya mengumpulkan satu poin, hasil imbang dengan Angola. Tahun ini, Iran ikut terbang ke Brasil, itu menjadi penampilan keempat mereka.

3. Australia
Sama seperti Iran, 2014 ini adalah kali keempat bagi Australia tampil di Piala Dunia. Sebelumnya, mereka sudah pernah menjajal sengitnya turnamen akbar itu pada 1974, 2006, dan 2010.

Prestasi terbaik mereka dalah di 2006. Kala itu, lolos dari babak penyisihan grup. Tetapi, langkah Socceroos langsung terhenti di fase 16 besar. Mereka takluk oleh sang juara, Italia.

Pada 2010, Australia gagal lolos fase knock out. Pada pertandingan pembuka, mereka kalah 0-4 dari Jerman. Dan, hasil dua kali imbang melawan Ghana serta Serbia tak mampu mengantarkan mereka melaju ke babak selanjutnya.

2. Jepang
Sejak lolos untuk kali pertama pada 1998, Jepang tak pernah absen dalam setiap perhelatan sepakbola terbesar ini. Penampilan terbaik mereka yakni pada 2002, saat bertindak sebagai tuan rumah bersama Korea Selatan.

Mereka kala itu mengalahkan Rusia dan Tunisia, serta bermain imbang dengan Bulgaria untuk melaju ke fase knock out. Sayang, kemudian 'Samurai Biru' tumbang oleh Turki.

Pada 2010, Jepang kembali bersinar. Kalah melawan Belanda di partai awal, namun mereka bisa bangkit dengan melibas Kamerun dan Denmark. Apes, di babak 16 besar mereka kembali tersandung. Tim negeri Sakura tumbang dari Paraguay melalui adu penalti.

1. Korea Selatan
Mereka pertama kali tampil pada 1954. Namun, dalam kesempatan itu Korsel harus babak belur. Mereka digasak 0-9 dan 0-7 oleh Hungaria serta Turki.

Penampilan kedua mereka yaitu pada 1986, dan sejak itu mereka tak pernah absen lagi. Total sampai 2014 ini, tim negeri Ginseng sudah sembilan kali berkesempatan tampil di Piala Dunia.

Tetapi, pencapaian terbaik mereka dari banyak kesempatan tersebut ialah di 2002, ketika menjadi tuan rumah besama dengan Jepang. Korsel sukses menembus empat besar.

Tak tanggung-tanggung, sejumlah nama besar juga jadi korban mereka kala itu, di antaranya Portugal, Italia, dan Spanyol. Di semifinal, Korsel tumbang dari Jerman. Kemudian, kalah dari Turki dalam perebutan tempat ketiga. (asp)
© VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.