Lima Rekor Piala Dunia yang Sulit Dipecahkan

Rekor apa saja itu?

Minggu, 8 Juni 2014, 07:01 WIB
Muchamad Syuhada
Bola Brazuca dan Trofi Piala Dunia
VIVAbola - Banyak kejutan dan rekor yang tercipta di setiap Piala Dunia. Tak menutup kemungkinan itu juga bakal terjadi pada perhelatan di Brasil nanti. Tapi sebagai catatan, ada sejumlah rekor yang hampir dipastikan belum akan pecah dalam waku dekat ini, dan berikut 5 di antaranya:

5. Rekor pemain termuda
Saat ini pemain termuda yang pernah bermain di Piala Dunia masih dipegang oleh Norman Whiteside. Dia tampil membela Irlandia Utara pada 1982 di usia 17 tahun 41 hari.

Sementara rekor lainnya dipegang Pele, sebaga pemain termuda yang mencetak gol di Piala Dunia pada usia 17 tahun 239 hari. Tiga hari berselang Pele juga menorehkan namanya sebagai pemain termuda yang pernah mencetak hattrick di ajang empat tahunan itu.

Untuk Piala Dunia 2014 ini, Luke Shaw asal Inggris dan Fabrice Olinga dari Kamerun yang tercatat menjadi pemain termuda. Keduanya berusia 18 tahun.

4. Rekor kartu dalam sebuah pertandingan
Laga Piala Dunia 2006 lalu antara Belanda melawan Portugal menjadi pertandingan dengan kartu kuning terbanyak sepanjang sejarah, 16 kartu kuning.

Itu juga jadi kali pertama sebuah partai Piala Dunia menghadirkan empat kartu merah. Masing-masing tim menutup laga dengan sembilan pemain. Deco dan Costinha diusir dari kubu Portugal. Sedangkan pemain Belanda yang harus meninggalkan lapangan lebih dulu Khalid Boulahrouz dan Gio van Bronkhorst.

Semakin ketatnya aturan serta sanksi tegas yang berikan FIFA, kemungkinan kecil laga brutal macam itu bisa kembali terulang.

3. Rekor caps pemain
Legenda Jerman, Lothar Matthaeus menjadi pemain dengan caps terbanyak di Piala Dunia. Dia telah bermain sebanyak 25 kali.

Sau-satunya pemain yang kini mengancam rekornya adalah bomber gaek Miroslav Klose dengan 19 caps. Untuk mematahkan rekor sang senior, bintang Lazio itu harus bisa mengantarkan Der Panzer sampai semifinal di Brasil nanti.

2. Pencetak gol tertua
Striker Kamerun, Roger Milla adalah pencetak gol tertua yang pernah tercatat dalam sejarah Piala Dunia. Rekor itu ditorehkannya ketika tampil di Amerika Serikat pada 1994.

Milla membobol gawang Rusia pada usai 42 tahun. Dia mematahkan rekornya sendiri pada 1990.

Di Piala Dunia 2014 ini, Faryd Mondragon  menjadi pemain tertua, 42 tahun. Hanya saja peluangnya untuk mematahkan rekor Milla sangat tipis, mengingat dia merupakan kiper cadangan dalam skuad timnas Kolombia.

1. Pemain dengan gelar terbanyak
Pele bisa dibilang sebagai pemain terbaik sepanjang sejarah Piala Dunia. Rekornya sungguh luar biasa, yakni pemain yang paling sering mengangkat trofi Piala Dunia. Dia memenangkannya sebanyak tiga kali yakni pada 1958, 1962 dan 1970. © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.