KAMERUN

Kamerun jadi salah satu raksasa sepakbola di kawasan Afrika.

Senin, 9 Juni 2014, 11:32 WIB
Timnas Kamerun
KAMERUN
Julukan:
The Indomitable Lions
Asosiasi: Federation Camerounaise de Football (FECAFOOT)
Konfederasi: Afrika
Pelatih: Volker Finke
Kapten: Samuel Eto'o
Prestasi: Perempat-final (1990)
Penampilan ke: 7 (1982, 1990, 1994, 1998, 2002, 2010, 2014)

Profil Singkat
Kamerun jadi salah satu raksasa sepakbola di kawasan Afrika. Dengan banyaknya bintang-bintang lapangan hijau yang malang-melintang di liga-liga Eropa, Kamerun pun menjadi salah satu tim yang kerap menimbulkan kejutan.

Pertama kali lolos pada 1982, penampilan tim berjuluk "Para Singa Tak Terkalahkan" itu mencapai puncaknya pada medio 1990-an sampai awal 2000. Di edisi Italia 90, aksi Roger Milla membawa Kamerun lolos sampai babak perempat-final, sebelum kalah oleh Inggris lewat titik penalti di babak perpanjangan waktu.

Setelah itu, Kamerun selalu menembus putaran final Piala Dunia, tiga kali beruntun, yaitu saat di Amerika Serikat, Prancis dan Korea Selatan-Jepang. Namun, prestasi mereka tidak segemilang sebelumnya.

Gagal menembus Jerman 2006, nama Kamerun kembali ke dalam persaingan empat tahun kemudian. Sayangnya, mereka gagal total sejak putaran awal dengan menelan tiga kekalahan.

Kini, di Brasil, skuad Kamerun tampak lebih siap. Pemain macam Nicolas N'Koulou, Stephen Mbia, Alex Song, sampai Samuel Eto'o membuat kualitas mereka tak boleh dipandang sebelah mata.

Bergabung di Grup A, peluang tim besutan Volker Finke untuk lolos ke fase berikutnya cukup besar. Brasil diunggulkan untuk lolos, Kamerun tinggal bersaing dengan Meksiko dan Kroasia. © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.