KOLOMBIA

Prestasi terbaik Kolombia hanya lolos ke 16 besar.

Senin, 9 Juni 2014, 17:18 WIB
Kolombia harus tampil tanpa Radamel Falcao.
Julukan: Los Cafeteros
Asosiasi: Federacion Colombiana De Futbol (FCF)
Konfederasi: Conmebol
Pelatih: Jose Pekerman
Kapten: Mario Yepes
Prestasi terbaik: 16 besar Piala Dunia 1990
Penampilan ke: 5 (1962, 1990, 1994, 1998, 2014)

Profil Singkat
Kolombia akhirnya kembali tampil di Piala Dunia setelah absen dalam tiga edisi sebelumnya. Bahkan, Kolombia lolos ke Piala Dunia 2014 di Brasil dengan status runner up di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona CONMEBOL. Mereka hanya terpaut dua poin dari Argentina yang menempati posisi 1.

Untuk peringkat di FIFA, Kolombia pun melejit ke papan atas, bahkan pada Agustus 2013, mereka sempat menempati posisi 3 di ranking FIFA. Fakta ini menyiratkan bahwa Los Cafeteros memang tengah memasuki era keemasan.

Indikasi Kolombia akan mampu berbicara banyak di Piala Dunia 2014 adalah performa mereka yang terbilang stabil dua tahun belakangan. Kolombia mampu mengimbangi tim-tim kuat seperti Brasil, Argentina, dan Belanda, meskipun bermain tandang.

Skuad Kolombia terbilang tangguh pada Piala Dunia kali ini, karena berisi pemain-pemain yang berkiprah di kompetisi bergengsi Eropa seperti Fredy Guarin, Cristian Zapata, James Rodriguez, dan Juan Guilermo Cuadrado. Sayangnya, pelatih Jose Pekerman bisa dibilang kehilangan setengah kekuatannya di Piala Dunia 2014 Karena tak bisa memainkan Radamel Falcao yang cedera.

Tergabung dengan Pantai Gading, Yunani, dan Jepang di Grup C, Kolombia difavoritkan melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2014. Jika itu terjadi, Kolombia akan mengulangi prestasi terbaik kala lolos ke 16 besar pada Piala Dunia 1990 di Italia. © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.