PANTAI GADING

Pantai Gading dapat undian grup lebih enteng dari sebelumnya.

Senin, 9 Juni 2014, 17:25 WIB
Didier Drogba (tengah) bersama timnas Pantai Gading
Julukan: Les Elephants
Asosiasi:
Fédération Ivoirienne de Football (FIF)
Konfederasi:
CAF (Afrika)
Pelatih:
Sabri Lamouchi
Kapten:
Didier Drogba
Prestasi terbaik:
Penyisihan Grup
Penampilan:
3 (2006, 2010, 2014)

Profil Singkat
Pantai Gading (Ivory Coast) dalam 10 tahun terakhir telah menjelma menjadi raksasa Afrika dan kuda hitam di level dunia. Tim berjuluk Les Elephant ini tercatat tampil di dua edisi terakhir Piala Dunia, 2006 Jerman dan 2010 Afrika Selatan.

Hanya saja, Pantai Gading selalu gagal lolos penyisihan karena selalu apes masuk 'grup neraka'. Di Piala Dunia 2006, Pantai Gading gagal lolos grup yang dihuni Argentina, Belanda dan Serbia Montonegro. Begitu pula di Piala Dunia 2010 bersama Brasil, Portugal dan Korea Utara.

Di Piala Dunia 2014, Pantai Gading masuk dalam grup yang bisa dikatakan enteng dari dua edisi Piala Dunia sebelumnya. Peluang pun terbuka lebar. Didier Drogba dan kawan-kawan tergabung di Grup C bersama Kolombia, Yunani dan Jepang.

Pantai Gading memastikan satu tempat di putaran final Piala Dunia 2014 setelah menaklukkan Senegal dengan agregat di kualifikasi babak 3 zona CAF (Afrika). Pantai Gading menang dengan agregat 4-2.

Dengan komposisi pemain yang banyak merumput di Eropa, Pantai Gading bisa dianggap sebagai kuda hitam di Piala Dunia 2014 nanti. Seperti di antaranya Didier Drogba (Galatasaray), Yaya Toure (Manchester City) dan Gervinho (AS Roma).

© VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.