YUNANI

Belum ada prestasi diraih Yunani di Piala Dunia.

Senin, 9 Juni 2014, 17:38 WIB
Timnas Yunani
Julukan: Ethniki, Piratiko (The Pirate Ship), Galanolefki (Sky blue-white)
Asosiasi: Hellenic Football Federation (HFF)
Konfederasi: UEFA (Eropa)
Pelatih: Fernando Santos
Kapten: Giorgos Karagounis
Prestasi terbaik: fase grup
Penampilan ke: 3 (1994, 2010, 2014)

Profil Singkat
Yunani mengguncang dunia saat menjuarai Piala Eropa 2004. Dengan mengandalkan pertahanan rapat dan serangan balik cepat, Ethniki menjadi juara dalam partisipasi kedua di Piala Eropa.

Sayangnya, sejak saat itu tak ada lagi kejutan yang bisa diciptakan Yunani. Yunani kembali ke habitatnya sebagai “tim pelengkap”. Selaku juara bertahan, Yunani hancur lebur di Piala Eropa 2008. Tim Dewa Dewi ini gagal mengumpulkan satu pun poin dan hanya mencetak 1 gol.

Mereka menjadi juara bertahan pertama yang harus tersingkir tanpa mendapat poin. Sebelumnya, Yunani bahkan gagal melangkah ke Piala Dunia 2006.

Tak ada prestasi istimewa Yunani di Piala Dunia. Dari 2 partisipasi sebelumnya, Ethiki selalu gagal lolos dari penyisihan grup. Di Piala Dunia 1994, Yunani gagal lolos dengan rekor memalukan: 3 kali kalah, tanpa mencetak gol dan kebobolan 10 gol.

Prestasi Yunani membaik  di Piala Dunia 2010. Meski gagal lolos, Yunani sanggup meraih satu kemenangan melawan Nigeria. Mereka mencetak 2 gol dan kebobolan 5 gol.

Yunani berpeluang memperbaiki rekor di Piala Dunia 2014. Tim besutan Fernando Santos ini cukup beruntung terhindar dari tim-tim bertradisi kuat. Mereka akan menghadapi Kolombia, Pantai Gading, dan Jepang di Grup C. © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.