KOSTA RIKA

Pencapaian terbaik Los Ticos hanya babak 16 besar.

Senin, 9 Juni 2014, 17:52 WIB
Timnas Kosta Rika
Asosiasi: Costa Rican Football Federation
Konfederasi: CONCACAF
Pelatih: Jorge Luis Pinto
Kapten: Bryan Ruiz
Prestasi terbaik: 16 besar Piala Dunia (1990)
Penampilan ke: 4 (sebelumnya: 1990, 2002, 2006)

Profil Singkat
Setelah tampil mengesankan pada kejuaraan CONCACAF 1989, Kosta Rika akhirnya mendapat kesempatan merasakan atmosfer Piala Dunia pada 1990.  Dalam debutnya itu, Kosta Rika menumbangkan Skotlandia dan Swedia pada fase grup, dan finis di urutan 2. Namun, mereka harus tersingkir pada babak 16 besar, setelah kalah 1-4 dari Cekoslovakia.

Absen pada dua edisi, Kosta Rika akhirnya kembali pada Piala Dunia 2002. Menumbangkan Cina 2-0 pada laga pertama, Paulo Wanchope dan kawan-kawan ditahan 1-1 oleh Turki dan dibantai Brasil 2-5. Meski memiliki jumlah poin yang sama dengan Turki, Kosta Rika harus tersingkir lantaran kalah selisih gol dan menduduki posisi 3.

Empat tahun berselang, Kosta Rika lolos ke Piala Dunia 2006. Masih ditangani pelatih asal Brasil, Alexandre Guimaraes, pasukan Los Ticos tampil mengecewakan. Kalah 2-4 dari tuan rumah Jerman pada pertandingan pembuka, mereka juga takluk pada dua laga berikutnya, 0-2 dari Polandia dan 0-3 dari  Ekuador. Kosta Rika pun pulang dengan tangan hampa.

Gagal lolos ke Piala Dunia 2010, Kosta Rika akhirnya kembali berpartisipasi pada 2014. Di bawah tangan dingin pelatih Jorge Luis Pinto, Kosta Rika meraih lima kemenangan, tiga hasil imbang, dan dua kekalahan dan menjadi runner-up pada kualifikasi Zona CONCACAF.

Meski skuad yang dibawa ke Piala Dunia 2014 belum final, striker Fulham, Bryan Ruiz, yang menjadi top scorer tim selama kualifikasi, tampaknya akan menjadi pilihan. Nama-nama lain yang kemungkinan bakal dipanggil di antaranya Michael Umana (Saprissa), Junior Diaz (Mainz 05), Celso Borges (AIK), Carlos  Hernandez (Wellington Phoenix), Joel Campbell (Olympiacos). © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.