BOSNIA HERZEGOVINA

Debut si kuda hitam di Brasil.

Selasa, 10 Juni 2014, 00:34 WIB
Gelandang Bosnia, Izet Hajrovic
Julukan: Zmajevi (Dragons), Zlatni Ljiljani (Golden Lilies)
Asosiasi: Nogometni/Fudbalski Savez Bosne i Hercegovine (N/FSBiH)
Konfederasi: UEFA (Eropa)
Pelatih: Safet Susic
Kapten: Emir Spahic
Prestasi terbaik:  debut
Penampilan ke: 1 (2014). Pada 1930-1990, Bosnia masih tergabung dengan Yugoslavia.

Profil Singkat
Piala Dunia 2014 akan menjadi sejarah bagi Bosnia-Herzegovina. Ini adalah kali pertama tim berjuluk Zmajevi ini tampil di Piala Dunia setelah terpecah dari Yugoslavia pada 1992. Bosnia menjadi satu-satunya tim debutan di Brasil nanti.

Bosnia sebenarnya memiliki kesempatan tampil di Piala Dunia 2010. Sayangnya, mereka takluk 0-2 dari Portugal di partai playoff. Bosnia akhirnya lolos ke Piala Dunia 2014 dengan status juara grup G, unggul selisih gol atas juara Euro 2004, Yunani.

Dengan pemain-pemain seperti Edin Dzeko (Manchester City), Miralem Pjanic (AS Roma), dan Emir Spahic (Bayer Leverkusen), Bosnia layak diperhitungkan sebagai salah satu kuda hitam. Terbukti, di laga uji coba jelang Piala Dunia, mereka sukses menekuk Pantai Gading 2-1 dan Meksiko 1-0.

Bosnia tergabung di Grup F bersama Argentina, Iran, dan Nigeria. Di atas kertas, hanya Argentina yang memiliki kekuatan di atas Bosnia. Dua tim lainnya relatif seimbang. Dengan sedikit keberuntungan, Bosnia bisa melaju ke babak 16 besar.

Bosnia akan melakoni debut Piala Dunia dengan menghadapi lawan berat, Argentina pada 15 Juni 2014 di Estadio Maracana. Selanjutnya, mereka akan menjajal kekuatan Nigeria pada 21 Juni dan Iran pada 25 Juni 2014. © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.