RUSIA

Sejak berganti nama dari Uni Soviet, langkah Rusia tak gemilang.

Selasa, 10 Juni 2014, 01:20 WIB
Pemain timnas Rusia.
Julukan: Beruang Merah
Asosiasi:  Russian Football Union (FMF)
Konfederasi: UEFA
Pelatih: Fabio Capello
Kapten: Sergei Ignashevich
Prestasi: fase grup
Penampilan ke: 3 (1994, 2002, 2014)

Profil Singkat
Sejak berganti nama dari Uni Soviet, langkah Rusia di pentas FIFA World Cup (Piala Dunia) tidak terlalu gemilang. Tampil pertama kali pada 1994, tim berjuluk Beruang Merah ini baru tiga kali lolos ke babak utama. 

Tahun ini merupakan babak utama ketiga bagi Rusia. Beruang Merah akan tergabung di Grup H bersama Belgia, Aljazair, dan Korea Selatan. Langkah Rusia tergolong mulus setelah menjadi pemuncak babak penyisihan Grup F.

Pada Piala Dunia 2014, Rusia ditangani oleh Fabio Capello. Pelatih asal Italia tersebut punya kenangan buruk saat menangani Inggris pada Piala Dunia 2010 lalu. Saat itu, Capello gagal membawa Three Lions melaju ke babak semifinal usai kalah 1-4 dari tim Panser, Jerman.

Capello dikenal sebagai pelatih bertangan besi. Saat masih menangani Inggris, Capello sangat dibenci kekasih dan istri pemain atau akrab disebut WAG's karena melarang mereka bertemu pemain selama turnamen berjalan. Di timnas Rusia, Capello masih melanjutkan formasi 4-3-3 yang diusung pelatih sebelumnya, Guus Hiddink. Bedanya, Capello lebih kuat dalam bertahan. Selama babak penyisihan, Rusia hanya kebobolan 5 gol.

Amunisi timnas Rusia mayoritas dihuni pemain-pemain yang berlaga di liga domestik. Igor Denisov merupakan kapten Beruang Merah. Pemain berusia 29 tahun itu 11 tahun memperkuat Zenit St Petersburg sebelum pindah ke Anzhi Makhachkala dan kini memperkuat Dynamo Moscow.

Nama Aleksander Kerzhakov juga cukup mencolok di tim ini. Pemain berusia 31 tahun itu merupakan bomber subur yang telah mengoleksi 208 gol di kompetisi domestik dan menjadi top scorer babak kualifikasi dengan lima gol.

Selain itu, masih ada sosok Denis Cheryshev. Pemain berusia 22 tahun itu merupakan satu-satunya punggawa Beruang Merah yang bermain di luar negeri. Dibesarkan di Spanyol, Cheryshev merupakan aset Real Madrid. Winger lincah itu kini sedang dipinjamkan ke klub Sevilla. © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.