IRAN

Ambisi "Singa Persia" perbaiki prestasi di sejarah Piala Dunia.

Selasa, 10 Juni 2014, 12:37 WIB
Tim nasional Iran
Julukan: Team Melli, Sirane Iran (Singa Iran), Eftexare Pars (Kebanggaan Persia)
Asosiasi: Federasione Futballe Iran (FFIRI)
Konfederasi: AFC (Asia)
Pelatih: Carlos Queiroz
Kapten: Javad Nekounam
Prestasi terbaik: Fase grup
Penampilan ke: Empat (1978, 1998, 2006, 2014)

Profil Singkat
Iran adalah negara terkuat di Asia saat ini dengan menduduki peringkat pertama AFC. Jadi tidak salah kalau pasukan asal Persia ini bisa merepotkan lawan-lawan mereka di Brasil nanti.

Piala Dunia 1978 adalah kali pertama Iran mencicipi turnamen sepakbola terbesar sejagat tersebut. Setelah itu, mereka baru kembali ke Piala Dunia dua dekade kemudian di Prancis.

Setelah itu, penampilan mereka naik turun. Sanksi dari FIFA pun pernah membelenggu mereka di tahun 2007. Tapi, kedatangan Carlos Queiroz di 2011 memberikan Iran suntikan tenaga baru.

Mantan asisten Sir Alex Ferguson itu untuk pertama kalinya memanggil pemain Iran yang menetap di luar negeri. Selama babak kualifikasi, salah satu lawannya adalah Indonesia, tim berjuluk "Singa Iran" ini tampil digdaya dan lolos ke Brasil sebagai pemuncak grup di putaran kualifikasi Asia.

Di Brasil nanti, Iran akan masuk Grup F bersama favorit juara, Argentina, raksasa Afrika, Nigeria, dan debutan asal Eropa, Bosnia-Herzegovina. Tentu bukan lawan-lawan yang mudah.

Tapi, tak salah kalau Iran disebut calon tim mengejutkan kalau melihat stabilnya performa Iran dan juga pengalaman melatih Queiroz yang segudang.

Apalagi mereka pasti ingin setidaknya melewati fase grup untuk memperbaiki catatan prestasi mereka di sejarah Piala Dunia. Apakah "Singa Persia" akan mengaum di Piala Dunia edisi ke-20 ini? Kita nantikan saja. © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.