KOREA SELATAN

Korea Selatan aroma Eropa munculkan kejutan di Brasil?

Selasa, 10 Juni 2014, 12:39 WIB
Timnas Korea Selatan
Julukan: Taegeuk Warriors, The Red Devils
Asosiasi: Korea Football Association (KFA)
Konfederasi: AFC (Asia)
Pelatih: Hong Myung-Bo
Kapten: Koo Ja-Cheol
Prestasi terbaik: Peringkat empat (2002)
Penampilan ke: 9 (1954, 1986, 1990, 1994, 1998, 2002, 2006, 2010, 2014)

Profil Singkat
Korsel adalah salah satu raksasa Asia yang kerap tampil menjanjikan di kancah Piala Dunia. Tentu Anda masih ingat dengan sukses mereka menjungkalkan Italia untuk lolos ke semifinal di kandang sendiri sekitar 12 tahun silam.

Kali ini, Taegeuk Warriors datang ke Brasil dengan langkah tertatih. Mereka harus bersaing ketat dengan Uzbekistan untuk lolos dari Grup A putaran keempat kualifikasi zona Asia.

Namun, itu babak kualifikasi. Tentu penampilan Park Chu-Young bisa meledak di putaran final nanti ketika kerap dilabeli sebagai tim underdog. Pengalaman mereka lolos ke Piala Dunia delapan kali beruntun bakal jadi bekal penting.

Apalagi, Korsel sukses lolos ke babak 16 besar di Piala Dunia 2010. Harapan untuk mengulang sukses serupa, atau lebih, pasti berada di asa pasukan "Negeri Gingseng".

Tapi, jika menilik kekuatan Grup H, peluang Korsel untuk lolos mengulang sukses empat tahun lalu cukup berat. Mereka harus berhadapan dengan kuda hitam Eropa, Belgia dan Rusia, serta wakil Afrika, Algeria.

Berdasarkan catatan statistik, Korsel hanya pernah menang atas Algeria saja. Sementara itu, tim berkostum merah itu tak pernah meraih hasil positif dari dua rivalnya asal benua biru tersebut.

Meski lawan cukup berat, Korsel masih tidak bisa dicoret dari persaingan. Karena, sekarang skuad asuhan Hong Myung-Bo dipenuhi pemain-pemain yang tampil di daratan Eropa. Sebanyak 10 dari 23 pemain Korsel di antaranya menempa diri di Inggris dan Jerman. "Aroma Eropa" ini yang bisa jadi senjata rahasia Korsel di Brasil nanti. © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.