10 Produk China Meriahkan Piala Dunia 2014

Mulai dari bola, maskot, hingga papan skor.

Rabu, 11 Juni 2014, 13:31 WIB
Toto Pribadi
Maskot resmi Piala Dunia
VIVAbola - China boleh gagal tampil di Piala Dunia 2014 Brasil. Namun masyarakat China tetap pantas bangga dengan banyaknya produk-produk mereka yang akan digunakan dalam perhelatan akbar empat tahunan ini.

Diantaranya Fuleco, maskot Piala Dunia 2014. Ternyata maskot ini dibuat Kayford Holding Ltd, sebuah perusahaan China yang bermarkas di Hangzhou, provinsi Zhejiang. Brazuca, bola resmi Piala Dunia 2014, juga dibuat di China. 

Lalu apa lagi produk China yang akan ikut menyemarakan perhelatan akbar FIFA ini? Berikut 10 produk Negeri Tirai Bambu yang akan meramaikan perhelatan Piala Dunia 2014 di Brasil seperti dilansir China Daily:

1. Adidas Brazuca
Bola resmi Piala Dunia ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan China rekanan Adidas yang bermarkas di Shenzhen. Bola juga diproduksi di Pakistan.

2. Fuleco
Maskot ini dibuat oleh Kayford Holding Ltd, sebuah perusahaan China yang bermarkas di Hangzhou, provinsi Zhejiang. 

3. Miniatur Trofi
Trofi Piala Dunia tiruan dibuat oleh perusahaan Dongguan Wagon Giftware Co Ltd, produsen terkemuka di industri jasa dan cinderamata.

4. Panel Surya
Yingli Green Energy Holding Co telah menyediakan 27 set panel surya untuk daya lampu di stadion-stadion tempat digelarnya pertandingan.

5. Bendera untuk suporter
Banyak pebisnis yang mencoba mengeruk keuntungan dengan menjual bendera mini. Dan kebanyakan mereka mengimpor dari Yiwu International Trade City. 

6. Syal 
Seiring dengan aksesoris fan lain, syal yang tersedia di pasar Brasil sebagian besar dari China. Harganya pun sangat terjangkau.

7. Wigs atau rambut palsu
Tentu kita sering melihat rambut-rambut palsu berwarna-warni yang dikenakan para suporter. Ternyata rambut kribo beraneka warna ini juga menjadi best seller di Yiwu International Trade City.

8. Unit kereta apil listrik
Beberapa unit kereta api listrik yang akan menjadi alat transportasi penghubung dari stadion ke stadion juga buatan China.

9. Bus hibrida
Dua bus hibrida besar dari Cina, yang telah diuji selama sekitar satu bulan, akan bergabung dengan beragam armada di Brasil untuk membawa wisatawan dari seluruh dunia saat event Piala Dunia FIFA ini.

10. Papan skor raksasa
Tiga perusahaan China dipercaya menjadi menjadi suplier papan skor raksasa di beberapa stadion di Brasil. (adi)
© VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.