Brasil Unggul Segalanya dari Kroasia

Kuncinya, seberapa kokoh pertahanan Kroasia meredam gempuran Brasil.

Kamis, 12 Juni 2014, 12:47 WIB
Toto Pribadi
Timnas Brasil
VIVAbola - Kroasia mendapat "kehormatan" melakoni laga pembuka Piala Dunia 2014 melawan tuan rumah Brasil di Arena de Sao Paulo, Jumat dini hari nanti, 13 Juni 2014. Namun kehormatan ini justru berpeluang besar menjadi petaka bagi Kroasia.

Bagaimana tidak? Jika Kroasia menelan kekalahan dari Brasil tentu tekanan akan lebih berat saat mereka melakoni dua laga sisa di Grup A melawan Kamerun lalu Meksiko. Kalah dari Brasil, peluang Kroasia lolos dari fase grup tentu menipis.

Selain harus menghadapi tim penuh bintang yang dimiliki tuan rumah, Kroasia juga harus menghadapi berbagai tekanan. Mulai dari absennya beberapa pemain bintang hingga harus berhadapan dengan faktor non teknis macam teror suporter Brasil.

Menghadapi Neymar dan kawan-kawan, Kroasia memang tak dapat menurunkan penyerang andalannya, Mario Mandzukic. Bomber Bayern Munich ini dipaksa absen setelah mendapat kartu merah saat melawan Islandia di babak playoff lalu.

Dan tampaknya pelatih Kroasia, Niko Kovac, akan menempatkan Ivica Olic sebagai striker tunggal. Olic akan didukung gelandang serang Sevilla, Ivan Rakitic dalam formasi 4-4-1-1. Sedangkan Luka Modric akan diberi tugas untuk memimpin di lini tengah Kroasia.

Brasil Masih Terlalu Bergantung pada Neymar
Bukan rahasia lagi, jika Neymar akan jadi tumpuan Brasil. Itu terlihat jelas dari permainan Brasil yang masih sangat bergantung pada sepak terjang bintang Barcelona ini. Situasi ini juga disadari pelatih Luiz Felipe Scolari. 

Bergantungnya Brasil pada Neymar juga disadari kubu lawan. Pelatih Kroasia, Niko Kovac, mengaku telah menyiapkan strategi khusus untuk "mematikan" Neymar. Namun pelatih sekelas Scolari tentu juga telah menyiapkan strategi khusus jika Neymar dimatikan pertahanan Kroasia.

Terlalu fokus pada sosok Neymar, tentu akan menyisakan celah bagi pemain Brasil lainnya macam Fred dan Hulk. Keuntungan yang akan coba dimaksimalkan skuad Scolari saat Kroasia terlalu fokus mengawal pergerakan Neymar. 

Pada pertandingan yang dipimpin wasit asal Jepang Yuichi Nishimura ini, Selecao tentu akan langsung tampil menekan sejak menit-menit awal. Maklum, Brasil tentu menargetkan kemenangan besar untuk memberikan modal kepercayaan diri bagi mereka.

Dan kemungkinan besar, Kroasia akan lebih banyak dipaksa bertahan dan hanya sesekali mengandalkan skema serangan balik. Kuartet Darijo Srna, Dejan Lovren, Vedran Corluka, Danijel Pranjic akan terus mendapat ujian sepanjang pertandingan. 

Kuncinya, seberapa kokoh pertahanan Kroasia meredam gempuran Brasil. Jika Kroasia mampu meminimalkan setiap agresifitas Brasil, maka tak mustahil justru petaka akan menghampiri tuan rumah. Paling tidak memberikan hasil imbang yang tentu akan berbalik memberikan tekanan bagi Brasil. 

Data dan Fakta
Secara head to head, Brasil memang unggul dari Kroasia. Keduanya baru bertemu dua kali dan Brasil masih unggul dengan satu hasil kemenangan dan satu hasil imbang.  

Brasil telah memainkan tiga laga pembuka sepanjang sejarah Piala Dunia yakni 1950, 1974 dan 1998. Dari tiga laga pembuka itu, Brasil tak pernah mengalami kekalahan. Pada 1950, Brasil mengalahkan Meksiko. Pada 1974 ditahan imbang Yugoslavia. Pada 1998, Brasil mengalahkan Skotlandia.

Brasil memenangi semua laga pertama mereka di delapan edisi Piala Dunia terakhir sebaliknya Kroasia gagal meraih satu pun kemenangan di empat laga pertama mereka di Piala Dunia. Kroasia membukukan kemenangan terakhir saat menundukkan Italia 2-1 pada Juni 2002.

Perkiraan pemain
Brasil: Julio Cesar, Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo, Luis Gustavo, Paulinho, Oscar, Hulk, Fred, Neymar

Kroasia: Stipe Pletikosa, Darijo Srna, Dejan Lovren, Vedran Corluka, Danijel Pranjic; Ognjen Vukojevic, Luka Modric, Ivan Perisic, Ivan Rakitic, Mateo Kovacic, Ivica Olic.

(ren)
© VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.