Kekuatan Berimbang, Italia dan Inggris Siapa yang Beruntung?

Partai Inggris dan Italia sarat gengsi. Siapa yang jadi unggulan.

Sabtu, 14 Juni 2014, 20:51 WIB
Anry Dhanniary
Pemain Italia, Mario Balotelli bertabrakan dengan kiper Inggris, Joe Hart saat berebut bola pada pertandingan Piala Eropa 2012 di Olympic Stadium di Kiev 24 Juni 2012.
VIVAbola - Pengundian grup Piala Dunia 2014 mengejutkan sekaligus mengasyikan untuk ditunggu saat Inggris berada satu grup dengan Italia. Sekarang laga penuh gengsi itu akan digelar Minggu dini hari WIB nanti.

Kedua nama besar di dunia sepakbola akan bertemu di Arena Amazonia, stadion yang berada di jantung hutan tropis Amazon, pada hari Sabtu, 14 Juni 2014 atau Minggu dini hari WIB (pukul 05.00 subuh, live ANTV dan TVone).

Inggris dan Italia pasti sama-sama mengejar kemenangan pada laga pertama mereka di Grup D. Tiga poin bisa memuluskan langkah mereka keluar dari grup berat ini, yang juga diisi oleh Uruguay dan Kosta Rika,

Reputasi Italia sebagai tim yang terlambat panas di sebuah turnamen bakal kembali diuji. Sebelumnya, tim berkostum biru ini hanya menang satu pertandingan pembuka mereka dalam sebuah turnamen besar.

Catatan hasil imbang mereka juga tercatat lebih banyak dari negara peserta lain. Rekor kekalahan pada laga pertama turnamen juga seperti jadi kebiasaan buruk Italia selama ini.

Sedangkan Inggris yang diisi oleh banyak pemain muda bakal dipastikan bakal tampil menyerang dan ngotot. Juga dari segi gengsi, Three Lions pasti lebih terpompa. Tim asuhan Roy Hodgson ini ingin membalas kekalahan dari tangan Italia pada perempat-final Euro 2012 silam.

Gli Azzurri sendiri datang dengan kekuatan yang cukup seimbang. Cesare Prandelli tetap memanggil nama-nama yang sudah langganan keluar masuk Timnas Italia. Sudah pasti skema permainan sudah sangat matang.

De Rossi Jadi Andalan Italia, Sterling Sejak Awal

Susunan pemain Italia sebenarnya sudah terbentuk. Tapi, cedera yang menghajar Riccardo Montolivo membuat Prandelli harus berpikir ekstra keras siapa penyeimbang di lini tengah.

Mario Balotelli diprediksi bakal tetap menjadi andalan utama Italia sebagai ujung tombak. Tapi, penampilan gemilang Ciro Immobile pada laga ujicoba terakhir bisa membuat skuad berubah di menit akhir.

Daniele De Rossi sepertinya bakal dipercaya sebagai penjaga lini tengah Italia, yang akan bekerja sama dengan Andrea Pirlo, Marco Verratti, dan Antonio Candreva.

Pirlo tetap akan menjadi dinamo permainan Italia pada laga di Manaus nanti. Akurasi umpan gelandang Juventus ini masih sangat dibutuhkan dalam strategi long-ball yang kerap dimainkan Azzurri.

Ignazio Abate, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, dan Giorgio Chiellini akan mengisi kuarter di sektor belakang. Keempatnya sudah sering tampil bareng. Tapi, yang membuat pusing adalah pengisi penjaga gawang.

Kapten sekaligus andalan Italia di bawah mistar, Gianluigi Buffon, kondisinya masih diragukan bisa tampil. Pria 33 tahun itu mengalami cedera pada latihan terakhir hari Jumat kemarin.

Kalau untuk Inggris, Hodgson diprediksi akan menurunkan pemain-pemain muda sejak awal. Joe Hart, Phil Jagielka, Leighton Baines, Glen Johnson dan Gary Cahill bakal jadi tembok pertahanan.

Sementara sektor penyerangan akan diisi oleh trio Liverpool dan duo Manchester United. Wayne Rooney dan Danny Welbeck akan ditopang oleh Jordan Henderson, Raheem Sterling, dan Daniel Sturridge.

Kelima penyerang ini memiliki kecepatan yang dahsyat. Sterling dan Welbeck begitu berbahaya di sektor sayap. Sedangkan Henderson juga kerap melakukan penetrasi dari sektor tengah.

Kapten sekaligus pemain paling senior di Timnas Inggris, Steven Gerrard, akan dipercaya tampil sejak menit awal. Posisi di sentral lapangan akan membuatnya jadi pengalir bola dari belakang ke depan.

Kemungkinan Imbang

Italia dan Inggris sebelumnya sangat jarang bertemu. Namun, pada 2012 lalu mereka langsung dua kali bertemu yaitu saat Euro 2012 dan ujicoba.

Saat pertemuan di Kiev, Italia berhasil menang atas Inggris lewat babak adu penalti. Kedua tim saat itu hanya mampu bermain imbang tanpa gol dalam 120 menit.

Di lima pertemuan terakhir kedua tim, Italia lebih unggul dengan dua kemenangan. Inggris hanya bisa menang satu laga saja. Dua laga lain kedua tim hanya bisa bermain imbang.

Jika melihat grafik penampilan di enam pertandingan terakhir, Inggris menunjukan performa yang sedikit lebih baik dengan menang dua kali, kalah dua kali, dan seri dua kali.

Sementara Italia tak pernah meraih kemenangan dalam enam ujicoba terakhir mereka. Kalah satu kali dari Spanyol dan lima laga lain hanya bisa bermain imbang.

Kedua tim relatif memiliki kekuatan yang sama di semua lini. Italia dan Inggris sama-sama mengandalkan kombinasi pemain muda dan beberapa senior. Karena itu, sepertinya hasil akhir akan menunjukan hasil imbang di papan skor.

Antara kedua tim tetap punya kesempatan untuk mencuri tiga poin. Tapi, hasil ini relatif akibat keberuntungan. Asal, bisa memanfaatkan kesalahan lawan bukan tidak mungkin berakhir dengan tiga angka. © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.