Menanti Aksi Pemain Terbaik Dunia di PD 2014

Jerman tak peduli CR7 bsa bela Portugal atau absen

Senin, 16 Juni 2014, 08:51 WIB
Zaky Al-Yamani
Cristiano Ronaldo
VIVAbola - Perhelatan Piala Dunia 2014 telah dimulai sejak Jumat kemarin. Di turnamen internasional paling bergengsi ini, para pemain terbaik dunia dari seluruh dunia akan saling unjuk kebolehan di atas lapangan hijau.

Dan dari sekian banyak bintang yang berlaga, ada satu pemain yang paling dinantikan aksinya dan kerap menjadi perhatian publik. Yaitu Cristiano Ronaldo, pemain yang akan memimpin langkah Portugal di Piala Dunia 2014 di Brasil.

Bukan tanpa alasan jika Ronaldo menjadi pemain yang paling mendapat perhatian dan aksinya kerap dinanti. Sebab pemain berusia 28 tahun itu saat ini berstatus sebagai pemain terbaik dunia, menyusul keberhasilannya meraih penghargaan Ballon d'Or 2013.

Selain berstatus sebagai pemain terbaik dunia. kiprah Ronaldo sepanjang musim ini juga terbilang gemilang. Dia menjadi pahlawan saat memimpin Portugal lolos ke putaran final Piala Dunia 2014 usai menundukkan Swedia di babak playoff.

Tidak hanya itu, pemain yang akrab disapa CR7 ini juga tampil impresif bersama klubnya, Real Madrid. Dengan belasan gol yang diciptakannya, dia membantu El Real menjuarai trofi Liga Champions dan Copa del Rey musim ini.

Berjuang Melawan Cedera
Meski sangat dinantikan aksinya, peluang Ronaldo tampil di laga perdana Portugal tampaknya masih tanda tanya besar. Pasalnya Ronaldo masih berjuang untuk pulih dari cedera yang membekap dalam beberapa pekan terakhir.

Portugal sendiri akan melakoni laga perdana Senin malam nanti melawan favorit juara, Jerman. Kondisinya sempat membaik beberapa hai sebelum Piala Dunia. Namun Jumat lalu, Ronaldo dikabarkan kembali mengalami cedera.

Pada sesi latihan Portugal, Ronaldo harus menepi lebih awal. Dia mengalami nyeri pada lutut kirinya. Tim medis Seleccao das Quinas langsung melakukan tindakan pertama ketika melihat CR7 terkapar di atas lapangan dengan lutut Ronaldo dengan es.

Pada Sabtu kemarin, Ronaldo, sudah terlihat kembali berlatih bersama rekannya. Kekasih Irina Shayk tersebut tampak tidak mengalami kendala apa pun ketika melahap menu latihan yang disiapkan oleh pelatih timnas Portugal Paulo Bento.

Meski belum ada kabar resmi dari manajamen timnas Portugal, namun rekan setim CR7 yang juga kiper Portugal, Eduaro menyebut bahwa rekan satu timnya itu sudah siap untuk diturunkan di laga melawan Jerman.

"Ronaldo sehat dan dia tidak sabar memulai turnamen ini. Dia ingin memberikan yang terbaik untuk Portugal. Ronaldo sangat antusias jelang laga ini. Kalian bisa melihatnya ketika berlatih, di hotel, dan bagaimana caranya menyambut Piala Dunia ini," kata Eduardo di situs resmi FIFA.

Sama halnya dengan Eduardo, pemain Portugal lainnya, William Carvalho, membeberkan bahwa Ronaldo akan tampil melawan Jerman. Bahkan, Carvalho mengakui kehadiran Ronaldo akan menjadi menambah daya juang Seleccao das Quinas.

"Dia pemain penting bagi kami, pemain terbaik di dunia. Ronaldo sudah 100 persen fit," ungkap Carvalho.

Rekan-rekan setim Ronaldo memang sangat berharap andalan mereka bisa pulih tepat waktu. Sebab lawan pertama yang akan mereka hadapi tidaklah mudah. Yaitu Jerman yang dihuni para pemain dengan kualitas dunia.

Dan kehadiran Ronaldo di pertandingan nanti setidaknya bakal mengangkat permainan sekaligus motivasi para pemain Portugal. Berstatus sebagai kapten tim, Ronaldo menjadi pemain kunci Portugal dengan gol-gol yang kerap dia sarangkan.

Jurus Jitu Jerman
Dari kubu Jerman sendiri sudah melakukan persiapan matang menghadapi Ronaldo. Bos Jerman, Joachim Loew, menyadari bahwa Ronaldo akan menjadi momok pertahanan Der Panzer. Tapi Loew mengaku telah menyiapkan jurus jitu mematikan pergerakan winger lincah Portugal tersebut.

Lalu bagaimana solusi Loew mengatasi Ronaldo? Loew mengaku telah memilih dua pemain yang ditugaskan mematikan pergerakan Ronaldo. "Kami perlu menjaga Ronaldo dan Jerome Boateng pernah melakukan itu sebelumnya," kata Loew.

"Begitu juga dengan Philipp Lahm. Mereka akan bersama-sama menjaga Ronaldo karena Anda tidak boleh membiarkan Ronaldo bersinar," lanjut Loew.

Sementara itu, bek muda Jerman, Erik Durm, mengaku siap jika diharuskan untuk mengawal ketat Ronaldo. Durm sudah tidak sabar untuk mematikan pergerakan Ronaldo di laga besok, meski dia adalah pemain debutan di Timnas Jerman.

Pemain 22 tahun ini merupakan pemain yang biasa beroperasi sebagai bek sayap. Kemungkinan besar, dia akan menjadi pemain yang paling sering berduel dengan Ronaldo di lini pertahanan Jerman.

"Tidak ada yang harus ditakutkan, termasuk Ronaldo. Saya siap bermain melawan Portugal. Pelatih sudah mengajak kami menganalisa permainan Portugal lewat video. Kami tahu batas kekuatan kami. Melawan Portugal, kami harus mengantisipasi kecepatan dalam serangan balik," kata Durm.

Disebutkan oleh Durm, pelatih Joachim Loew sedang bingung menyusun komposisi terbaiknya untuk laga melawan Portugal, Senin besok. Bukan karena banyaknya pemain yang cedera, melainkan meratanya kualitas pemain di skuad Der Panser.

Fullback milik Borussia Dortmund itu mengklaim Jerman memiliki kualitas tim yang merata. Baik pemain utama maupun pelapis, punya kesempatan yang sama untuk tampil sebagai starter di laga kontra Portugal.

"Kualitas kami sangat, sangat, dan sangat merata. Kami adalah tim yang kompak," ujar Durm.

"Kami menekan satu sama lain. Kompetisi di dalam tim sangat baik. Pelatih pasti bingung, karena setiap pemain tidak melihat mereka sebagai pemain cadangan. Sebagai tim, kami ingin menang bersama. Dan jika kalah, itu adalah tanggung jawab bersama," sambungnya.

Lihat artikel menarik lainnya di tautan ini. © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.