Pasukan Azteca Bakal Rusak 'Goyang Samba' Milik Brasil?

Meksiko bakal menjajal kekuatan Brasil pada lanjutan Grup A PD2014.

Selasa, 17 Juni 2014, 15:13 WIB
Anry Dhanniary
Laga Brasil kontra Meksiko di Olimpiade 2012
VIVAbola - Perebutan tiket menuju 16 besar Piala Dunia 2014 akan terjadi pada Selasa malam, 17 Juni 2014 atau Rabu dini hari WIB nanti. Brasil dan Meksiko akan adu kuat di Fortaleza.

Selecao mengawali perjalanan mereka di Piala Dunia dengan manis. Tim kuat asal Eropa, Kroasia, mampu mereka bungkam 3-1 lewat penampilan gemilang bintang mereka, Neymar.

Meksiko tidak kalah beruntung. Tim berjuluk El Tri itu sukses mencuri satu gol kemenangan ke gawang Kamerun lewat Oribe Peralta. Sama-sama mengantungi tiga poin, kedua tim ini jadi favorit kuat lolos dari Grup A.

Kini, kedua tim akan bertemu dalam lanjutan penyisihan grup di Estádio Governador Plácido Aderaldo Castelo. Laga ketat dengan hasil mengejutkan bisa tersaji dalam laga Brasil kontra Meksiko ini.

Dari head-to-head kedua tim, sudah 26 partai mereka lewati dengan catatan Brasil begitu dominan ketika menghadapi Meksiko di kandang sendiri. Total 11 kali juara dunia lima kali itu menang atas sang lawan saat tampil di Brasil, sedangkan Meksiko sempat merasakan lima kemenangan saja.

Tapi, bukannya tim asuhan Miguel Herrera tidak punya peluang untuk menjungkalkan Brasil. Melihat sejarah pertemuan, Meksiko berhasil menang tiga kali dalam tujuh pertemuan terakhir.

Terakhir, pasukan Azteca menang 2-0 atas Brasil pada laga persahabatan bulan Juni 2012 lalu. Namun, kekalahan itu mampu dibalas Brasil dengan skor sama di Piala Konfederasi 2013 lalu.

Perang dengan Kekuatan Penuh

Pada partai kedua ini, Brasil dan Meksiko sama-sama bisa menurunkan skuad terbaik mereka. Tak ada masalah fisik atau indisipliner yang menjadi ganjalan para pemain.

Luis Felipe Scolari kemungkinan besar hanya akan melakukan satu perubahan pada formasi 4-2-3-1 miliknya di pertandingan nanti. Penyerang sayap, Hulk, diragukan bisa tampil setelah alami cedera hamstring dalam sesi latihan hari Minggu kemarin.

Penyerang milik Zenit St Petersburgh itu kemungkinan besar akan digantikan oleh gelandang enerjik, Ramires. Posisi Oscar akan digeser lebih ke tengah, lalu Neymar akan mengisi sayap kiri, sementara Fred tetap jadi ujung tombak.

Pada sektor tengah lapangan, Selecao akan tetap menurunkan duet tangguh Luis Gustavo dan Paulinho. Begitu juga kuartet Thiago Silva, David Luiz, Dani Alves, dan Marcelo di lini belakang. Kiper senior Julio Cesar juga akan dipercaya sejak awal.

Sedangkan untuk Meksiko, Herrera akan tetap menerapkan skema 3-5-2 atau 5-3-2 yang memang jadi andalannya. Kecepatan para bek sayap El Tri, Miguel Layun dan Paul Aguilar, sangat luar biasa di laga kontra Kamerun lalu.

Giovani dos Santos dan Peralta masih akan jadi andalan di barisan penyerang Meksiko. Kombinasi operan-operan cepat mereka dengan para gelandang, Hector Herrera dan Jose Valquez, membuat Kamerun keteteran.

Hal ini tentu bakal menjadi ancaman nyata bagi pertahanan Brasil, kalau sampai kehilangan fokus karena terlalu asyik menyerang. Sektor sayap Selecao yang kerap naik menyerang bisa dieksploitasi.

Pada jantung pertahanan, kekuatan Meksiko juga tampak solid. Kapten sekaligus pemain paling senior, Rafael Marquez, akan dibantu Francisco Rodriguez dan Hector Moreno sebagai tiga bek tengah.

Brasil Menang Tipis

Jika melihat rekor pertemuan dan kekuatan skuad di atas kertas, jelas Brasil lebih diunggulkan atas Meksiko. Pemain bintang di semua lini bakal jadi ujian besar bagis sang lawan.

Neymar masih akan menjadi pemain kunci pada laga tersebut. Solidnya tiga bek tengah besutan Herrera bakal memaksa pemain-pemain Brasil lebih berani melepaskan tendangan dari kotak penalti.

Agresifitas sektor sayap Meksiko yang menjadi ancaman utama Brasil. Kalau sampai Marcelo atau Alves kecolongan, bukan tidak mungkin gawang Cesar bisa terancam.

Prediksi VIVAbola, laga antara Brasil kontra Meksiko nanti akan berakhir dengan skor tipis untuk kemenangan tuan rumah. Jarak antara kedua tim tak lebih dari dua gol. © VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.