Inggris Vs Uruguay, Duel Dua Raksasa yang Terluka

Inggris sedikit lebih diunggulkan dari Uruguay.

Kamis, 19 Juni 2014, 15:20 WIB
Toto Pribadi
Pemain-pemain Timnas Inggris.
VIVAbola - Inggris dan Uruguay sama-sama mengusung target wajib menang saat keduanya bentrok di pertandingan kedua Grup D, Kamis malam nanti. Arena Corinthians di Sao Paulo akan menjadi medan tempur bagi dua raksasa sepakbola yang kini tengah terluka tersebut.

Inggris dan Uruguay memang memulai turnamen akbar FIFA ini dengan hasil yang sangat mengecewakan. Inggris kalah dari Italia dengan skor tipis 1-2, sedangkan Uruguay justru dipermalukan Kosta Rika dengan skor telak 1-3. 

Menengok materi pemain yang dimiliki Inggris dan Uruguay, duel ini tentu akan berlangsung panas. Pelatih Inggris Roy Hodgson tampaknya akan tetap menggunakan formasi pemain yang ia turunkan saat melawan Italia di laga pembuka.

Kiper Joe Hart akan tetap dipercaya sebagai penjaga gawang. Kiper Manchester City ini akan dikawal kuartet pertahanan yang diisi Leighton Baines, Phil Jagielka, Gary Cahill, dan Glen Johnson. 

Di lini tengah, duet Liverpool Steven Gerrard dan Jordan Henderson akan bahu membahu menjaga lini tengah. Sementara itu, Danny Welbeck, Raheem Sterling, dan Wayne Rooney akan menopang Daniel Sturridge yang mencetak gol ke gawang Italia. Rooney akan diberi keleluasaan untuk menjelajah lini tengah hingga ke depan. 

Menariknya, jika Inggris akan menerapkan formasi 4-2-3-1, Uruguay akan menerapkan formasi bakunya 4-4-2. Fernando Muslera akan mengisi pos di bawah mistar gawang. Ia akan dikawal kuartet pertahanan yang diisi Martin Caceres, Diego Godin, Sebastian Coates, dan Jorge Fucile.

Coates akan menggantikan sang kapten Deigo Lugano yang mengalami cedera. Sementara itu, di lini tengah, pelatih Oscar Tabarez akan menempatkan Cristian Rodriguez, Walter Gargano, Egido Rios, dan Christian Stuani. 

Keempat gelandang petarung ini akan mencoba melayani duet penyerang Los Charruas, Edinson Cavani dan Luis Suarez. Ya, Suarez dapat diturunkan Tabarez setelah di laga perdana harus absen karena cedera. 

Menengok catatan head to head, Uruguay memang sedikit unggul dari The Three Lions. Dari total 10 pertemuan, Uruguay berhasil menang empat kali, sedangkan Inggris tercatat tiga kali meraih kemenangan. Sisanya berakhir dengan imbang. 

Duel seru Suarez Vs Cahill
Duel antara Suarez dengan Cahill akan menjadi salah satu tontonan menarik di pertandingan ini. Yang membuat menarik, keduanya telah beberapa kali head to head. Musim lalu, Cahill berhasil "menjinakkan" Suarez saat Chelsea bersua Liverpool di pentas Premier League.

Suarez yang menjadi top skorer Premier League musim lalu selalu gagal mencetak gol saat bersua Cahill bersama Chelsea. Catatan ini yang tampaknya akan menjadi bekal bagi Cahill untuk kembali meredam agresivitas seorang Suarez. 

Tak hanya itu, kondisi Suarez yang belum 100 persen tampaknya akan semakin mempermudah tugas Cahill untuk membuat frustasi bomber berjuluk El Pistolero ini.

Namun, Uruguay punya solusi lain jika Suarez sukses diredam Cahill dan kawan-kawan. Mereka masih memiliki seorang Cavani. Bomber Paris Saint-Germain (PSG) ini tentu akan lebih leluasa saat fokus pertahanan Inggris terpecah dengan keberadaan Suarez. 

Selain duel Suarez versus Cahill, pertandingan ini tentu akan menghadirkan duel menarik antara Steven Gerrard versus Walter Gargano. Keduanya akan head to head untuk memastikan keunggulan di lini tengah. 

Inggris sedikit diunggulkan
Hodgson menginstruksikan para pemainnya untuk bermain menyerang sejak menit-menit awal. The Three Lions akan mengandalkan kecepatan kuartet Rooney, Sterling, Welbeck, dan Sturridge untuk merepotkan pertahanan Uruguay.

Dan tak dapat dipungkiri, permainan Uruguay memang masih jauh dari harapan. Hal itu terlihat jelas saat Uruguay dipermalukan Kosta Rika pada laga perdana mereka. Saat itu, Uruguay hanya mengandalkan Cavani di barisan depan.

Permainan disiplin saat bertahan dan serangan balik yang cepat yang selama ini menjadi ciri khas Uruguay tak terlihat di pertandingan tersebut. 

Dengan menengok performa kedua tim di pertandingan pembuka lalu, tentu sangat realistis jika Inggris akan memenangkan laga ini. Namun, Uruguay juga punya potensi untuk menghadirkan petaka bagi Inggris dengan mengandalkan duet Suarez dan Cavani. Skor imbang mungkin lebih realistis untuk Uruguay. (art)
© VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.