Misi Prancis Raih Kesempurnaan di Fase Grup

Bila menang dari Ekuador, Prancis jadi juara grup dengan poin sempurna

Rabu, 25 Juni 2014, 17:53 WIB
Muhammad Indra Nugraha
Pemain Timnas Prancis sebelum laga lawan Honduras

VIVAbola – Prancis akan melakoni laga kontra Ekuador di laga terakhir penyisihan Grup E Piala Dunia 2014 di Estadio Jornalista Mário Filho, Kamis 26 Juni dini hari, pukul 03.00 WIB. Laga ketiga ini bisa dibilang sebagai upaya Les Bleus mencapai kesempurnaan di fase grup.

Prancis saat ini berada di puncak klasemen sementara Grup E dengan raihan 6 poin, hasil dari kemenangan atas Honduras dan Swiss di laga sebelumnya. Bila menang atas Ekuador, maka Prancis akan keluar sebagai juara grup dengan total 9 poin.

Selain ke babak 16 besar dengan predikat sebagai jawara grup, kondisi itu juga akan menguntungkan Karim Benzema cs. Sebab, bila meraih posisi runner-up, maka Prancis diprediksi akan menghadapi Argentina, yang adalah calon kuat juara Grup F.

"Kami mesti mencoba mempertahankan semua hal yang sejauh ini telah kami lakukan dan menuntaskan tugas," kata pelatih timnas Prancis, Didier Deschamps, menjelang upaya memastikan lolos diri ke 16 besar dengan status juara grup dengan melawan Ekuador.

"Tujuan kami adalah memenangi pertandingan ini dan kami menghadapinya dengan sungguh-sungguh. Hingga kini kami telah menjadi jeli di depan gawang, namun demi menghormati Ekuador kami tidak menganggap itu akan mudah,” sambungnya.

Lakukan Rotasi

Laga ini juga diperkirakan akan menjadi momen bagi Didier Deschamps, untuk merotasi pemain. Yohan Cabaye yang bakal absen karena akumulasi kartu kuning, kemungkinan akan digantikan oleh Morgan Schneiderlin.

"Morgan adalah pemain yang sangat bagus. Dia bagus secara teknis, dia menguasai bola, mencetak gol dan adalah pemain yang lincah. Dia telah menunjukkan banyak kualitas sejak awal persiapan kami untuk turnamen ini dan kini dia siap," kata Cabaye dilansir Sport Mole.

Deschamps juga bisa menggantikan bek Mamadou Sakho, yang absen melawan Swiss karena masalah paha dengan Laurent Koscielny. Eliaquim Mangala juga disiapkan sebagai pengganti Raphael Varane yang mengalami gangguan pencernaan.

Bacary Sagna dan Lucas Digne diprediksi akan diturunkan sejak awal dalam posisi full-back, sedangkan Koscielny berada di bek tengah. Namun, Deschamps masih merahasiakan apakah Benzema akan turun sebagai starter atau tidak.

"Anda akan melihat esok (Rabu waktu setempat) perubahan apa yang akan saya buat," ujar pelatih berusia 45 tahun ini.

Meskipun beberapa pemain inti Les Bleus akan absen, Ekuador tetap memandang laga nanti sebuah ujian yang berat.

"Siapa pun yang bermain, mereka tetap hebat, pemain tingkat atas. Pemain pelapis bisa lebih berbahaya karena mereka akan mencari untuk mendapatkan tempat mereka di tim," ujar pelatih Ekuador, Reinaldo Rueda.

© VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.