Lawan AS, Jerman Unggul di Semua Lini

AS tak dapat diperkuat bomber andalannya, Jozy Altidore.

Kamis, 26 Juni 2014, 13:02 WIB
Toto Pribadi
Skuad Timnas Jerman
VIVAbola - Duel menarik akan tersaji di Arena Pernambuco, Recife, malam nanti. Favorit juara Jerman akan menghadapi tim kuda hitam Amerika Serikat (AS). Pemenang duel ini dipastikan akan menjadi juara Grup G dan berhak melenggang ke babak 16 besar Piala Dunia 2014.

Jerman mengawali babak penyisihan grup dengan sangat meyakinkan. Der Panzer menghempaskan Portugal dengan skor telak 4-0 di laga perdana. Namun tim besutan Joachim Loew sempat tersendat di laga kedua setelah ditahan imbang 2-2 oleh Ghana.

Justru Amerika Serikat yang sukses membuat kejutan. Sukses menekuk Ghana 2-1 di laga pembuka, tim besutan Juergen Klinsmann ini berhasil menahan imbang Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo dengan skor 2-2.

Jerman dan AS kini memimpin klasemen dengan perolehan poin sama, 4. Pemenang duel ini akan berstatus sebagai jawara grup dan berhak bersua runner up Grup H. Dan yang kalah, akan bergantung dengan hasil pertandingan antara Ghana vs Portugal.

Dengan kembalinya Bastian Schweinsteiger di kubu Jerman, pelatih Joachim Loew tampaknya akan kembali menggunakan formasi idealnya, 4-3-3. Di bawah mistar akan ditempati kiper Manuel Neuer. 

Kiper Bayern Munich ini akan dikawal Benedikt Hoewedes, Mats Hummels, Per Mertesacker dan Phillip Lahm. Lahm akan kembali ditempatkan sebagai bek sayap dengan kembalinya Schweinsteiger. 

Schweinsteiger akan mengisi pos lini tengah bersama Sami Khedira dan Toni Kroos. Sedangkan untuk urusan menggedor pertahanan lawan akan diemban trio Mesut Oezil, Mario Goetze dan Thomas Mueller.

Sedangkan AS yang sepertinya masih tak dapat diperkuat bomber andalannya, Jozy Altidore karena cedera hamstring, akan tetap mempertahankan formasi 4-2-3-1. Kapten Clint Dempsey akan menjadi ujung tombak serangan tim berjuluk The Yanks ini. 

Bomber Seattle Sounders FC ini akan ditopang trio gelandang serang Graham Zusi, Alejandro Bedoya dan Jermaine Jones. Sedangkan sebagai gelandang jangkar akan diperankan Kyle Beckerman dan Michael Bardley.

Sedangkan di pertahanan, Klinsmann akan menempatkan DaMarcus Beasley, Matt Besler, Geoff Cameron dan Fabian Johnson. Kuartet pertahanan ini akan mengawal gawang Tim Howard dari gempuran Der Panzer.

Ajang Reuni Klinsmann dan Loew
Yang menarik, duel antara Jerman kontra AS ini juga akan menjadi ajang reuni bagi kedua pelatih. Bukan rahasia lagi, jika Klinsmann adalah mentor Loew. Pasalnya, Loew pernah menjadi asisten Klinsmann di timnas Jerman pada Piala Dunia 2006.

Lewat polesan Klinsmann, Jerman saat itu berstatus tuan rumah berhasil menduduki peringkat tiga di Piala Dunia 2006. Yang membuat lebih menarik, skuad Jerman saat ini juga sebagian besar dihuni pemain pilihan Klinsmann. 

Mengenal dalaman Jerman ini yang tampaknya akan menjadi keuntungan bagi Klinsmann dan AS. Tentu Klinsmann telah menyiapkan formula khusus untuk meredam permainan menyerang Jerman.

Sebaliknya, Loew tentu juga sangat mengenal Klinsmann. Ia tentu tahu apa yang akan dipersiapkan bekas mentornya saat timnya tak diunggulkan. Loew tentu akan menyiapkan solusi cadangan jika Jerman sukses diredam AS.

Duel Seru di Lini Tengah
Menengok susunan pemain di atas, tentu Jerman lebih layak untuk diunggulkan untuk memenangkan pertandingan ini. Jerman saat ini diperkuat pemain-pemain muda yang telah matang dan telah menjadi pemain inti di level klub elit Eropa.

Tak hanya itu, Jerman juga punya rekor pertemuan yang lebih baik saat bersua Amerika Serikat. Dari sembilan kali kedua negara ini bersua, Der Panzer tercatat menang enam kali dan hanya kalah tiga kali. 

Duel di lini tengah tentu akan menarik untuk disimak. Trio Sami Khedira, Bastian Schweinsteiger dan Toni Kroos akan bertarung dengan Graham Zusi, Alejandro Bedoya dan Jermaine Jones. Sebaliknya, duet Kyle Beckerman dan Michael Bardley akan mati-matian menghadang agresifitas Mesut Oezil dan Mario Goetze. 

Namun dengan absennya Jozy Altidore di kubu AS, untuk urusan menyerang Jerman tentu lebih berbahaya. Mobilitas Thomas Mueller akan sukses membuat pertahanan AS kerepotan. Terlebih Jerman punya gelandang-gelandang yang haus gol. 

Bagi AS, hasil imbang tentu lebih realistis untuk digapai. Kuncinya, AS harus mampu bermain disiplin dan mencoba memenangkan duel di lini tengah. Menumpuk lima gelandang dan hanya menempatkan Dempsey tentu dapat menjadi pilihan bijak bagi Klinsmann untuk memenangkan duel di lini tengah.

Namun dengan kualitas pemain yang dimiliki Jerman, tentu Der Panzer sangat layak diunggulkan di pertandingan ini. Jerman tampaknya akan menang meski dengan skor 2-1 atau 3-1. (ren)
© VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.