Duel Prancis Vs Nigeria Ditentukan di Lini Tengah

Prancis layak memenangkan pertandingan ini.

Senin, 30 Juni 2014, 15:14 WIB
Toto Pribadi
Karim Benzema, Paul Pogba dan Antoine Griezmann
VIVAbola - Stadion Nacional de Brasila akan menggelar duel seru di babak 16 besar Piala Dunia 2014, malam nanti. Prancis yang menyandang status sebagai penguasa Grup E akan ditantang runner up Grup E yang menjadi milik Nigeria. Siapa yang bakal melangkah ke babak 8 besar?

Melihat sepak terjang Prancis dan Nigeria pada babak penyisihan grup lalu, tentu tak heran jika kali ini Les Bleus lebih diunggulkan dibanding tim berjuluk Super Eagles tersebut. Tak hanya itu, Prancis saat ini juga diperkuat pemain-pemain dengan kualitas wahid. 

Pelatih Didier Deschamps kini punya skuad komplet perpaduan antara pemain muda dan berpengalaman. Tak hanya itu, Deschamps juga telah menemukan formasi ideal yakni 4-3-3 untuk memamerkan gaya menyerang yang kini menjadi filosofinya.

Menghadapi Nigeria, Deschamps tampaknya akan kembali menurunkan starter terbaiknya. Di bawah mistar gawang akan ditempati Hugo Lloris. Sedangkan kuartet pertahanan akan ditempati Patrice Evra, Mamadou Sakho, Raphael Varane dan Mathieu Debuchy. 

Di lini tengah, trio Paul Pogba, Yohan Cabaye dan Blaise Matuidi dipastikan tak akan tergantikan. Ketiganya akan menopang trisula penyerangan yang akan diperankan Antoine Griezmann, Mathieu Valbuena dan sang bomber andalan Karim Benzema.

Formasi pakem ini sudah teruji saat Prancis berhasil tampil perkasa di penyisihan grup. Dengan catatan dua kemenangan dan sekali hasil imbang, Prancis berhasil mengoleksi 8 gol dan hanya kebobolan dua gol di babak penyisihan grup.

Nigeria berbekal catatan head to head

Nigeria memang tak bertabur bintang layaknya Prancis. Tim besutan Stephen Kenshi ini bahkan sempat diragukan akan melenggang ke babak 16 besar menyusul hasil imbang saat bersua Iran di laga perdana penyisihan grup.

Namun Nigeria berhasil bangkit setelah sukses mengalahkan Bosnia-Herzegovina dengan skor tipis 1-0 di laga kedua. Hasil ini yang akhirnya menentukan perjalanan Nigeria meski Peter Odemwingie harus menelan kekalahan 3-2 dari Argentina di laga pamungkas penyisihan grup.

Menariknya, pelatih Nigeria sepertinya akan kembali menggunakan formasi yang identik dengan yang digunakan Prancis. Skema 4-3-3 masih dianggap paling ideal dengan skuad yang dimiliki Kenshi. 

Di bawah mistar akan ditempati Vincent Enyeama. Ia akan dikawal kuartet pertahanan yang akan diisi oleh Kenneth Omeruo, Efe Ambrose, Joseph Yobo, dan Juwon Oshaniwa. 

Sedangkan di lini tengah Nigeria akan ditempati trio gelandang John Obi Mikel, Ogenyi Onazi dan Michael Babatunde. Ketiganya akan menopang trio penyerang Nigeria yang akan diisi oleh Peter Odemwingie, Emmanuel Emenike dan Ahmed Musa.

Dengan skema yang sama, tentu dapat dipastikan duel menarik akan tersaji sepanjang pertandingan. Lini tengah tentu akan menjadi kunci di pertandingan ini. Siapa memenangkan duel di lini tengah tentu peluang menjadi pemenang akan terbuka lebar.

Di lini ini, Prancis tampaknya lebih sedikit unggul. Pasalnya, trio Pogba, Cabaye dan Matuidi punya tiga kemampuan yang saling melengkapi. Pogba punya keunggulan dalam menonjolkan skill individu. Matuidi lebih unggul untuk urusan merusak ritme lawan. Sedangkan Cabaye handal untuk urusan umpan terobosan dan umpan jauh. 

Namun berbicara rekor pertemuan, Nigeria justru unggul dari Prancis. Baru sekali bersua pada 2009, Nigeria berhasil mengalahkan Prancis dengan skor 1-0 dalam laga persahabatan. Namun di ajang Piala Dunia, ini akan menjadi pertemuan pertama Prancis kontra Nigeria. 

Adu tajam Benzema dan Musa

Benzema di kubu Prancis dan Musa di kubu Nigeria akan menjadi dua sosok kunci di pertandingan malam nanti. Di babak penyisihan grup, Benzema telah mencetak tiga gol. Bomber Real Madrid ini begitu efektif menjadi target sasaran di lini depan.

Musa juga tak kalah penting bagi Nigeria. Striker CSKA berusia 21 tahun ini berhasil mencetak dua gol yang ditorehkan ke gawang Argentina. Musa juga pandai membuka peluang bagi penyerang-penyerang Nigeria lainnya macam Emenike atau Odemwingie.

Namun menengok kekuatan lini tengah yang dimilik Prancis saat ini tentu sangat wajar jika Les Bleus diunggulkan untuk memenangkan pertandingan ini. Prancis kemungkinan besar akan mampu menjinakkan Nigeria dengan skor 2-0 atau 2-1. Kita tunggu....
© VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.