Partai Ketat 16 Besar dan Fakta-fakta Menariknya

Hanya tiga laga yang dituntaskan pada waktu normal.

Kamis, 3 Juli 2014, 17:09 WIB
Muchamad Syuhada
Laga Argentina kontra Swiss
VIVAbola - Piala Dunia 2014 sudah mencapai babak perempat final. 8 tim terkuat telah memastikan satu tempatnya masing-masing.

Yang menarik, dari seluruh laga 16 besar, hanya ada tiga pertandingan yang pemenangnya ditentukan pada waktu normal. Sedangkan lima duel lain harus melewati babak tambahan, bahkan sampai adu penalti.

Brasil yang menghadapi Chile bermain imbang 1-1 pada waktu normal serta ekstra. Neymar cs lebih beruntung karena mampu memenangi tos-tosan dengan La Roja lewat skor 3-2.

Pertandingan lain yang juga berujung dengan adu penalti adalah duel antara tim "kuda hitam" Kosta Rika dengan Yunani. Sama seperti partai Brasil kontra Chile, mereka bermain seri 1-1 pada waktu 90 menit serta 2x15 menit. Bryan Ruiz cs berhak melaju dengan skor 5-3.

Tiga partai terakhir di perdelapan final ini baru selesai telah 120 menit. Diawali dengan laga sengit Jerman versus Aljazair. Der Panzer baru bisa mengoyak jala gawang Fennecs Foxes di menit 92 lewat Andre Schuerrle sebelum Mesut Oezil menggandakan keunggulan timnya, 2 menit jelang bubaran.

Tapi, bukan berarti Jerman bisa nyaman menutup laga. Walau tertinggal dua gol di waktu kritis, Aljazair terus memberikan perlawanan yang berujung pada gol balasan di menit 120+1 oleh Abdelmoumene Djabou.

Hal yang sama juga dirasakan Argentina kala menghadapi Swiss. Tim Tango baru bisa memastikan kemenangan di menit 118. Angel Di Maria keluar sebagai pahlawan kemenangan dengan gol semata wayangnya.

Belgia juga harus meloni laga supersengit sebelum lolos ke perempat final. Ditantang Amerika Serikat, Eden Hazard cs dibuat memeras keringat hingga laga usai.

Bermain tanpa gol pada waktu normal, Belgia mampu memecah kebuntuan di menit 93 lewat aksi Kevin De Bruyne. Romelu Lukaku lalu menggandakannya di menit 105.

Tapi, cerita tak habis sampai di situ. Secara mengejutkan The Yanks berhasil bangkit. Julian Green membuat skor menjadi 1-2 pada menit 107. Harapan AS kembali terbit.

Mereka terus menggempur pertahanan Belgia untuk setidaknya memaksakan skor imbang 2-2 dan menggelar adu penalti. Sayangnya, upaya mereka tak membuahkan hasil meski sejumlah peluang sempat didapat.

Tiga partai lain yang pemenangnya ditentukan pada waktu normal adalah Kolombia saat menggasak Uruguay 2-0. Lalu, Kemenangan dramatis Belanda atas Meksiko dengan skor 2-1. Serta sukses Prancis menumbangkan Nigeria melalui dua gol dari Paul Pogba serta bunuh diri Joseph Yobo.

Dari delapan partai itu terlihat gambaran jelas betapa seru serta ketatnya persaingan memburu gelar. Masing-masing tim yang beradu tangguh di lapangan tak mau menyerah begitu saja. Sekuat tenaga mereka memburu kemenangan agar bisa disebut yang terbaik.

Fakta-fakta Babak 16 besar

Sejumlah fakta menarik juga tercatat di babak 16 besar ini. Dan berikut adalah beberapa di antaranya:

Sampai babak 16 besar, sudah 154 gol tercipta di perhelatan Piala Dunia 2014 ini. Catatan itu melewati rekor gol yang tercipta di sepanjang Piala Dunia 2006 (147 gol) dan Piala Dunia 2010 (145 gol).

James Rodriguez menjadi pemain yang mencetak gol paling banyak di fase ini. Dia memborong dua gol ke gawang Uruguay. Sejuah ini berarti bintang muda Kolombia tersebut telah mengoleksi lima gol dan menjadi top scorer sementara di Piala Dunia 2014.

Kapten Nigeria, Yoseph Yobo menjadi satu-satunya pemain yang mencetak gol bunuh diri di babak 16 besar. Dia melakukannya saat Elang Super berhadapan dengan Prancis.

Tak satu pun wakil Afrika sukses melewati babak 16 besar. Nigeria dan Aljazair sebagai wakil yang tersisa sama-sama tumbang dari tim Eropa, Prancis serta Jerman. Benua Amerika dan Eropa kini sama-sama menyisakan empat wakilnya.

Untuk pertama kali dalam sejarah Piala Dunia, para juara grup sukses melewati babak 16 besar. Sedangkan empat tim dari delapan kontestan perempat final pernah merasakan gelar juara, yakni Argentina, Brasil, Jerman dan Prancis.

Bagi Kolombia dan Kosta Rika, ini merupakan kali pertama bagi mereka berhasil melaju ke perempat final Piala Dunia. (one)
© VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.