Jalan Terjal Empat Semifinalis Piala Dunia 2014

Tiket final diperebutkan dua wakil Amerika Latin dan dua wakil Eropa.

Minggu, 6 Juli 2014, 14:25 WIB
Toto Pribadi
Laga perempat final Piala Dunia 2014
VIVAbola - Empat negara memastikan tiket semifinal Piala Dunia 2014. Menariknya, empat tiket dimiliki masing-masing dua negara dari Amerika Latin dan Eropa. Amerika Latin diwakili tuan rumah Brasil dan Argentina. Sedangkan Eropa diwakili Jerman dan Belanda.

Jerman lebih dulu memastikan tiket semifinal setelah sukses menaklukkan Prancis dengan skor tipis 1-0. Gol semata wayang Jerman dicetak bek tangguhnya, Mats Hummels. 

Langkah Jerman terbilang mulus. Di fase Grup G, Jerman membuka turnamen dengan menghajar Portugal dengan skor telak 4-0. Di laga pembuka ini, Thomas Mueller menjadi pahlawan lewat hattricknya. Satu gol lainnya dicetak Hummels.

Di pertandingan kedua, Jerman sempat ditahan Ghana dengan skor 2-2. Sempat unggul lewat gol Mario Goetze, Ghana membalas dua gol lewat Andre Ayew dan Asamoah Gyan. Miroslav Klose menjadi penyelamat lewat gol penyama kedudukan.

Jerman memastikan tampil sebagai juara grup setelah mengalahkan Amerika Serikat dengan skor tipis 1-0. Thomas Mueller kembali menjadi pahlawan. 

Di babak 16 besar, Jerman bersua Aljazair. Melawan tim asal Afrika itu, Jerman berhasil menang 2-1 lewat babak tambahan waktu. Dua gol Jerman dicetak Andre Schurrle dan Mesut Oezil. Sedangkan gol Alajazair dicetak Djabou. Jerman akhirnya menyingkirkan Prancis di babak 8 besar.

Lawan Jerman di babak semifinal adalah Brasil. Tim besutan Luiz Felipe Scolari ini juga memulai fase grup dengan meyakinkan. Di Grup A, Brasil memulai turnamen dengan menaklukkan Kroasia dengan skor telak 3-1. Sempat tertinggal lewat gol bunuh diri Marcelo, Brasil mampu bangkit lewat dua gol Neymar dan gol tambahan dari Oscar.

Namun Brasil sempat tertahan 0-0 oleh Meksiko. Namun kemenangan besar 4-1 atas Kamerun membuat Brasil berhak ke babak 16 besar dengan status sebagai juara grup. 

Di fase knock out, Chile menjadi lawan Selecao. Brasil harus melewati drama adu penalti setelah skor 1-1 bertahan hingga babak tambahan waktu. Brasil sempat unggul lewat gol David Luiz sebelum akhirnya dibalas Alexis Sanchez. 

Di babak 8 besar, Brasil bersua tim yang tengah naik daun Kolombia. Brasil berhasil menang 2-1 lewat gol Thiago Silva dan David Luiz. Sedangkan gol Kolombia dicetak James Rodriguez. Brasil bersua Jerman. 

Argentina melewati fase grup dengan meyakinkan. Lionel Messi cs berhasil menjadi jawara Grup F dengan sapu bersih kemenangan. Bosnia-Herzegovian ditekuk 2-1. Lalu Iran dikalahkan dengan skor tipis 1-0 dan terakhir Nigeria ditekuk 3-2. 

Di babak 16 besar, Argentina mengalahkan Swiss dengan skor tipis 1-0 lewat babak tambahan waktu. Gol semata wayang Argentina dicetak Angel Di Maria. Di babak 8 besar, Argentina mengalahkan Belgia juga dengan skor 1-0 lewat gol Gonzalo Higuain. Messi menjadi top skorer di timnas Argentina dengan empat gol.

Argentina akan bersua Belanda di semifinal. Belanda mengawali perjuangan di fase grup dengan menggasak Spanyol dengan skor telak 5-1. Lalu Australia berhasil ditaklukkan dengan skor 2-1. Belanda tampil sebagai jawara Grup B setelah di laga terakhir mengalahkan Chile 2-0.

Di babak 16 besar, Belanda bersua Meksiko. Sempat tertinggal 0-1 lewat gol Giovani Dos Santos, Belanda berhasil bangkit lewat gol Wesley Sneijder dan penalti Klaas-Jan Huntelaar di masa injury time. Belanda menang 2-1 dan melaju ke babak 8 besar.

Kosta Rika menjadi lawan selanjutnya. Menghadapi tim kuda hitam itu, Belanda harus melewati drama adu penalti setelah skor kaca mata bertahan hingga 2x15 menit babak tambahan waktu. Kiper Tim Krul menjadi pahlawan Belanda kali ini.

Duel Brasil kontra Jerman akan digelar di Estadio Mineirao Belo Horizonte pada Selasa 8 Juli 2014 atau Rabu dini hari WIB. Sedangkan duel semifinal lainnya antara Argentina kontra Belanda akan digelar di Arena de Sao Paulo Rabu 9 Juli 2014 atau Kamis dini hari WIB.

Siapa yang bakal mengamankan tiket final? Kita tunggu saja...
© VIVAbola
Rating
KOMENTAR ANDA
Kirim Komentar
Anda harus login untuk mengirimkan komentar
atau  
Belum memiliki akun VIVA? Silakan mendaftar.