Sejarah Piala Dunia Tahun 1934

Data & Fakta

Piala Dunia ke-2 ini berlangsung di Italia. Turnamen ini berlangsung pada 27 Mei - 10 Juni 1934 dan diikuti oleh 16 negara. Jumlah ini meningkat 3 negara dari turnamen sebelumnya.

Ini adalah turnamen pertama, di mana negara-negara diundang berdasarkan status unggulan dan non unggulan. Untuk menjadi tuan rumah, Italia harus bersaing ketat dengan Swedia. Ada 16 tim yang menjadi peserta di Piala Dunia 1934 ini. Jumlah ini lebih banyak 3 tim dari perhelatan Piala Dunia 1930.

Piala Dunia 1934 masih menggunakan format sistem gugur. Ada 8 tim yang berstatuskan sebagai tim unggulan. Mereka adalah Argentina, Brasil, Jerman, Italia, Belanda, Austria, Cekoslowakia, dan Hungaria. Dari 8 tim unggulan, hanya Argentina, Brasil, dan Belanda yang gagal melaju ke babak perempat final.

Sebagai tuan rumah, Italia harus menjalani laga replay dengan Spanyol untuk lolos ke semifinal. Kedua tim hanya bermain 1-1 di pertemuan pertama pada 31 Mei 1934.

Dan pada laga replay, Gli Azzurri menang dengan skor tipis, 1-0. Di pertandingan lain, dua tim unggulan, Austria dan Hungaria harus saling bunuh di perempat final. Hasilnya, Austria melaju ke semifinal usai menang dengan skor 2-1.

Cekoslowakia dan Jerman menjadi dua tim lain yang lolos ke semifinal. Ceko menang atas Swiss dengan skor ketat 3-2 dalam pertandingan yang digelar di Stadion Benito Mussolini, Turin, 31 Mei 1934. Sedangkan, Jerman mampu menuntaskan perlawanan Swedia, 2-1.

Di semifinal, Italia sukses mengandaskan Austria dengan skor 1-0. Dan Ceko melaju ke final usai mengalahkan Jerman dengan skor 3-1.

Laga final berlangsung cukup sengit. Kedua tim belum bisa mencetak gol saat pertandingan berjalan satu jam. Austria mencuri gol lebih dulu di menit 71 lewat Antoni Puc. Selang 10 menit, Italia membalasnya lewat Raimundo Orsi.

Kedudukan 1-1 bertahan hingga waktu normal berakhir. Pemenang akhirnya ditentukan lewat babak perpanjangan waktu. Dan Italia lebih beruntung saat itu karena Angelo Schiavio sukses membobol gawang Ceko untuk kali kedua. Italia pun mengangkat trofi Piala Dunia pertama mereka.

Diwarnai Aksi Politik

Perhelatan Piala Dunia 1934 sangat kental dengan aroma politik. Italia sangat bernafsu untuk menjadi tuan rumah demi mempromosikan paham fasisme yang dipelopori oleh Benito Mussolini saat itu. Pemerintah Italia ketika itu rela menggelontorkan dana hingga 3.5 juta Lira Italia.

Komite Eksekutif (Exco) FIFA bahkan harus menggelar delapan rapat sebelum mengesahkan Italia sebagai tuan rumah. Ketika itu, satu calon lain, Swedia, juga sangat bernafsu untuk menggelar Piala Dunia. Pada rapat yang digelar 9 Oktober 1932, di Stockholm, FIFA akhirnya memutuskan Italia menjadi tuan rumah.

Ada delapan stadion yang ditunjuk untuk menyelenggarakan laga-laga Piala Dunia saat itu. Delapan stadion itu adalah San Siro, Luigi Ferraris, Giovanni Berta, Littoriale, Giorgio Ascarelli, Nazionale PNF, Littorio, dan Benito Mussolini.

File Not Found