Sejarah Piala Dunia Tahun 1938

Data & Fakta

Piala Dunia ke-3 ini digelar di Perancis.Turnamen ini berlangsung pada 4-19 Juni 1938 dan diikuti oleh 16 negara.Tuan rumah menyediakan 10 venue untuk penyelenggaraan pertandingan.

Ketika bidding tuan rumah dilakukan, Perancis harus bersaing dengan Argentina dan Jerman. Akan tetapi, Perancis ternyata langsung menang voting di putaran pertama.

Terpilihnya Perancis membuat masyarakat Amerika Selatan marah.Mereke kecewa karena FIFA memilih menyelenggarakan Piala Dunia berturut-turut (1934 &1938) di benua Eropa.

Italia sukses mempertahankan gelar juara mereka setelah mengalahkan Hungaria 4-2 di babak final. Striker Brasil, Leonidas da Silva, menjadi bintang di turnamen ini. Ia menjadi pencetak gol terbanyak dengan torehan 7 gol.

Sayangnya, ia gagal mengantar Selecao ke final. Tim Samba tersingkir di semifinal setelah dikalahkan Italia dengan skor 1-2.Selecao sendiri akhirnya menduduki posisi ketiga setelah mengalahkan Swedia.

Piala Dunia 1938 adalah Piala Dunia terakhir yang digelar sebelum Perang Dunia II pecah.

Fakta Unik

Indonesia yang dulunya bernama Hindia Belanda tampil di ajang ini. Sayangnya, Sutan Anwar dan kawan-kawan langsung disingkirkan Hungaria dengan skor 0-6 di fase knock out (tidak memakai sistem grup).

Hingga sekarang, Indonesia adalah satu-satunya negara yang cuma main 1 kali di pertandingan Piala Dunia.