Sejarah Piala Dunia Tahun 1966

Data & Fakta

Piala Dunia 1966 adalah Piala Dunia ke-8 dan diselenggarakan di Inggris pada 11 sampai 30 Juli. Tuan rumah sukses keluar sebagai juara setelah mengalahkan Jerman Barat di laga final. Ini adalah pertama kalinya tuan rumah juara sejak Italia di Piala Dunia 1934.

Laga final merupakan salah satu partai yang paling kontroversial dalam sejarah sepakbola dunia.Di hadapan 98.000 penonton di Wembley, Helmut Haller sukses membawa Jerman Barat unggul saat laga baru memasuki menit 12.

Selang empat menit, pendukung tuan rumah kemudian bersorak setelah Geoff Hurst mampu menyamakan kedudukan. Martin Peters lalu membuat Tiga Singa berbalik unggul pada menit 78. Namun, satu menit sebelum laga berakhir wasit memberikan Jerman Barat tendangan bebas.

Bola kemudian dieksekusi Wolfgang Weber dan gol, skor menjadi 2-2.Pemain Inggris sempat melakukan protes.Mereka menilai telah terjadi handball saat bola membentur pagar betis.Namun, wasit tetap pada keputusannya.

Di masa perpanjangan waktu tepatnya menit 98, Hurst kembali membuat Inggris unggul. Bola tembakannya membentur mistar dan memantul di garis gawang. Wasit kemudian mengangap itu adalah gol, meski pemain Jerman protes keras.Sampai sekarang masih terjadi perdebatan apakah itu gol atau tidak.

Gol terakhir Inggris sendiri kembali diciptakan Hurst pada menit-menit akhir pertandingan.

Legenda Portugal, Eusebio, menjadi top skorer di turnamen ini dengan 9 gol. Ia juga mengantarkan Seleccao das Quinas ke peringkat tiga.

Fakta Unik

Trofi Piala Dunia yang dulu masih bernama Trofi Jules Rimet sempat hilang saat berlangsungnya pameran Piala Dunia 1966. Seantero Inggris pun panik dan melakukan pencarian besar-besaran.

Uniknya, trofi itu kemudian ditemukan oleh seorang anjing bernama Pickles di sebuah semak-semak di kota London