Sejarah Piala Dunia Tahun 1970

Data & Fakta

Piala Dunia 1970 adalah Piala Dunia ke-9 dan digelar di Meksiko pada 31 Mei sampai 21 Juni. Piala Dunia ini adalah Piala Dunia pertama yang digelar di kawasan Amerika Utara.Sebelumnya, event 4 tahunan ini hanya digelar di benua Amerika Selatan dan Eropa.

Brasil kembali menjadi juara di ajang ini setelah menghajar Italia dengan skor 4-1 di babak final.Dengan gelar Piala Dunia ketiganya, Brasil pun berhak menyimpan trofi Jules Rimet secara permanen.

Tim Samba yang saat itu diperkuat Carlos Alberto, Pele, Clodoaldo, Gerson, Jairzinho, Rivelino, dan Tostao sering disebut-sebut sebagai tim terbaik dalam sejarah Piala Dunia.

Mereka memenangkan semua pertandingan dan juga menyapu bersih 6 laga kualifikasi sebelum menuju Meksiko.

Terlepas dari kedigdayaan Brasil di ajang ini, ada satu nama yang sangat mencuat dari tim Jerman Barat. Dia adalah bomber legendaris Gerd Muller. Muller sukses mencetak 10 gol dan menjadi top skorer turnamen tersebut.

Sayangnya, Der Panzer hanya finish di peringkat tiga.

Fakta Unik

Di Piala Dunia ini, untuk pertama kalinya pergantian pemain boleh dilakukan. Setiap tim yang bertanding boleh melakukan 2 pergantian selama pertandingan berlangsung.

Tim Uni Soviet adalah tim pertama yang melakukan pergantian pemain saat melawan Meksiko di laga pembuka. Viktor Serebryanikov menjadi pemain pertama yang ditarik keluar dan diganti Anatoliy Puzach setelah babak pertama usai.