Sejarah Piala Dunia Tahun 1986

Data & Fakta

Piala Dunia 1986 adalah Piala Dunia ke-13 dan turnamen ini digelar di Meksiko dari 13 Juni sampai 11 Juli. Ini adalah Piala Dunia kedua yang menggunakan format 24 tim.

Kolombia sebenarnya telah dipilih FIFA sebagai tuan rumah, namun karena adanya krisis Ekonomi, Kolombia kemudian memutuskan mengundurkan diri pada 1982. FIFA pun kemudian memilih Meksiko sebagai tuan rumah pada Mei 1983.

Argentina keluar sebagai juara di turnamen ini. Ini adalah gelar kedua Tim Tango, setelah sebelumnya sukses pada 1978.

Diego Maradona menjadi "dewa" di ajang ini. Ia mencetak "Hand of God goal" ke gawang Inggris di perempat final. Gol dari sang maestro itu juga terpilih "Goal of the Century".

Pria bernama lengkap Diego Armando Maradona itu juga terpilih sebagai pemain terbaik setelah mengantar negaranya juara dengan mengalahkan Jerman Barat 3-2 di partai final.

Nama lain yang bersinar di ajang ini adalah legenda Inggris, Gary Lineker. Ia menjadi top scorer turnamen dengan torehan 6 gol. Sampai sekarang Lineker masih menjadi top scorer Inggris di turnamen Piala Dunia dengan torehan 10 gol.

Fakta Unik

Piala Dunia 1986 melahirkan "Mexican Wave" yang cukup fenomenal. Hingga sekarang, Mexican Wave menjadi semacam tradisi saat Piala Dunia digelar.