Sejarah Piala Dunia Tahun 1994

Data & Fakta

Piala Dunia 1994 adalah Piala Dunia ke-15. Turnamen ini digelar di Amerika Serikat dari 17 Juni sampai 17 Juli. Ada 9 kota di AS yang berpartisipasi sebagai penyelenggara.

Amerika ditunjuk sebagai tuan rumah oleh FIFA pada 4 Juli 1988. Keputusan FIFA ini sebenarnya menimbulkan kontroversi. Sebab, persepsi bahwa Amerika kurang tertarik dengan sepakbola sangat kuat.

Selain itu, masih ada Maroko dan Brasil yang sebenarnya juga ikut perang bidding tersebut dan keduanya dikenal lebih "mencintai" sepakbola. Namun, FIFA tetap pada keputusannya.

Brasil merebut gelar juara Piala Dunia keempatnya di turnamen ini. Bebeto dan kawan-kawan mengalahkan Italia 3-2 di babak adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Romario merupakan bintang di turnamen ini. Ia terpilih sebagai pemain terbaik setelah sukses mengantar Tim Samba juara. Adapun gelar top skorer jatuh ke tangan Hristo Stoichkov (Bulgaria) dan Oleg Salenko (Rusia) yang sama-sama mencetak 6 gol.

Bola resmi yang digunakan adalah Adidas Questra. Rata-rata penonton yang hadir di stadion adalah 69.000 orang. Rekor ini masih bertahan sampai sekarang.

Fakta Unik

Oleg Salenko menjadi satu-satunya pemain dalam sejarah Piala Dunia yang mampu menciptakan lima gol dalam satu pertandingan. Ia melakukannya saat Rusia menghadapi Kamerun di babak penyisihan grup.

File Not Found