Sejarah Piala Dunia Tahun 1998

Data & Fakta

Piala Dunia 1998 adalah Piala Dunia ke-16. Turnamen ini diselenggarakan di Perancis dari 10 Juni sampai 12 Juli. Ini adalah kedua kalinya Perancis menjadi tuan rumah, setelah sebelumnya juga terpilih pada 1938.

Kualifikasi menuju ajang ini dimulai pada Maret 1996 sampai November 1997. Berbeda dengan beberapa Piala Dunia sebelumnya, jika dulu jumlah peserta adalah 24, di ajang ini bertambah menjadi 32.

Total ada 64 pertandingan berlangsung yang digelar di 10 stadion. Pertandingan pembuka dan penutup dilakukan di Stade de France, Paris.

Tuan rumah keluar sebagai juara setelah mengalahkan Brasil 3-0 di final. Ini adalah gelar pertama Perancis sekaligus menjadikan mereka negara ketujuh yang menjuarai Piala Dunia.

Meski nama Zinedine Zidane meroket di ajang ini, namun yang menjadi pemain terbaik adalah Ronaldo Luís Nazario de Lima. Bomber asal Brasil itu mampu menyihir seluruh dunia dengan aksi-aksi individunya. Sayangnya, mantan pemain Real Madrid itu tampil buruk di final.

Gelar top scorer jatuh ke tangan Davor Suker. Striker maut asal Kroasia itu mencetak 5 gol sepanjang turnamen dan mengantar negaranya ke peringkat 3.

Kontroversi

Jelang laga final, kontroversi terjadi di timnas Brasil. Ronaldo disebut-sebut menderita penyakit misterius dan ia pun tak masuk ke skuad Tim Samba.

Namun, 45 menit sebelum kick off nama Ronaldo kembali didaftarkan dan ia main sebagai starter. Hasilnya, Ronaldo bermain sangat jelek dan Brasil pun tumbang.

File Not Found