Sejarah Piala Dunia Tahun 2006

Data & Fakta

Piala Dunia 2006 adalah Piala Dunia ke-18. Turnamen ini digelar di Jerman dari 9 Juni sampai 9 Juli. Ada 198 negara dari 6 benua yang mengikuti kualifikasi untuk tampil di ajang ini.

Italia keluar sebagai juara. Ini adalah gelar keempat mereka. Di partai final, Gli Azzurri menekuk Perancis dengan skor 5-2 melalui babak adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 0-0 selama 120 menit.

Tuan rumah Jerman menduduki tempat ketiga setelah mengalahkan Portugal 3-1.

Zinedine Zidane menjadi pemain terbaik di ajang ini. Kapten Perancis itu tampil impresif dengan mengantar negaranya ke partai puncak. Usai turnamen, Zidane yang saat itu berusia 35 tahun memilih pensiun.

Adapun gelar top scorer jatuh ke tangan penyerang tuan rumah, Miroslav Klose. Bomber maut tim nasional Jerman itu mencetak 5 gol sepanjang turnamen.

Kontroversi

Zidane mendapatkan kartu merah pada laga final. Ia diusir wasit Horacio Elizondo pada menit 110 setelah menanduk dada bek Italia, Marco Materazzi. Tandukan itu dilakukan setelah Materazzi melakukan provokasi dengan mengucapkan kata-kata yang menghina keluarga Zidane.

Zidane sendiri menjadi pemain keempat yang diusir di laga final Piala Dunia.