Sejarah Piala Dunia Tahun 2010

Data & Fakta

Piala Dunia 2010 adalah Piala Dunia ke-19. Ajang ini digelar di Afrika Selatan dari 11 Juni sampai 11 Juli. Saat proses bidding dilakukan, FIFA hanya memperbolehkan negara-negara Afrika saja yang mengikutinya.

Pada 2004, FIFA akhirnya menjatuhkan pilihan kepada Afsel ketimbang Mesir atau Maroko yang juga ikut perang bidding. Ada 10 stadion di 9 kota Afsel yang menjadi tempat penyelenggaraan. Partai final digelar di Soccer City Stadium yang berada di kota terbesar di Afsel, yakni Johannesburg.

Spanyol keluar sebagai juara setelah mengalahkan Belanda di partai puncak. Gol semata wayang Tim Matador dicetak Andres Iniesta di extra time. Spanyol juga mencatatkan sejarah sebagai negara Eropa pertama yang menjadi juara di luar benua mereka.

Selandia Baru adalah satu-satunya tim yang tak terkalahkan di turnamen ini. Namun, mereka harus tersingkir di babak penyisihan grup karena kalah bersaing dengan Paraguay dan Slovakia.

Diego Forlan menjadi pemain terbaik di turnamen ini. Ia mencetak 5 gol dan mengantar Uruguay ke babak semifinal. Adapun gelar top scorer jatuh ke tangan Thomas Mueler dari Jerman.

Fakta Unik

Sepanjang turnamen, ada seekor gurita bernama Paul yang menjadi pemberitaan. Penghuni Sea Life, Jerman, itu memiliki kemampuan andal meramal laga-laga di Piala Dunia 2010.

Seluruh pertandingan Jerman dari mulai babak penyisihan grup sampai partai semifinal diramalkannya dengan tepat. Paul juga sukses meramalkan Spanyol akan jadi juara dengan mengalahkan Belanda di final.